2010, Wangsel Bebas Sampah Plastik

Kendari Ekspres 2009-09-08/HALAMAN 9 Baubau Ekspres

Wangi-Wangi– Guna mengugah kesadaran masyrakat akan bahaya sampah plastik, Camat Wangi-wangi Selatan Nur Saleh meluncurkan program Gerakan Pemberantasan Sampah Plastik (GPSP). Dari gerakan ini diharapkan tahun 2010 Kecamatan Pemekaran Wangi-wangi sudah terbebas dari sampah plastik.

Ia menambahkan, program GPSP merupakan langkah tindak lanjut dari Program Pemda Wakatobi yang telah mencananggkan gerakan terpadu penanggulangan sampah plastik (GPSP).

Untuk mewujudkan hal ini, pemerintah Kecamatan Wangi-wangi selatan akan melibatkan anak sekolah mulai  dari SD hingga SMA serta melibatkan masyarakat melalui gerakan Sabtu bersih.

“Pemerintah dan masyarakat Wangsel akan selalu melakukan terobosan baru, terutama dalam mendukung program pemerintah, termasuk penaggulangan sampah plastik”, katanya.

Sebagai langkah awal pelaksanaan program GPSP, pihaknya akan melakukan sosialisasi di tingkat sekolah dasar. Tentunya dengan mengkoordinasikan terlebih dahulu hal ini dengan pihak Dinas Pendidikan Nasional Pemuda dan olahraga Wakatobi.

“Kalau untuk sosialisasi ditingkat masyarakat umum sudah dilakukan baik melalui masjid-masjid maupun pertemuan langsung dengan masyarakat tingkat desa/kelurahan”, tambahnya.

Pemberantasan sampah plastik kata dia perlu segera dilakukan di Wakatobu ini, mengingat daerah ini sudah menjadi destinasi pariwisata.

Utamanya wisata selam. Jika tidak maka keindahan karang yang ada saat ini dalam beberapa tahun mendatang akan mengalami kerusakan karena tercemar dengan sampah anorganik ini.

‘Mumpung belum parah, saat kita melakukan aksi nyata”, ajaknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: