Bandara Tjilik Riwut Ditutup

Kompas 2009-09-07/E-Paper halaman  22 Nusantara

Palangkaraya – Kabut asap yang sangat pekat di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (6/9), menyebabkan Bandar Udara Tjilik Riwut ditutup seharian. ”Jarak pandang hanya 700-an meter.

Hari ini tidak ada penerbangan, baik penerbangan perintis di Kalteng maupun penerbangan tujuan Jawa,” kata Kepala Subbagian Tata Usaha Bandara Tjilik Riwut Usdek, kemarin sore.

Bandara, ujar Usdek, akan dibuka kembali jika jarak pandang minimal 1.600 meter.

Penutupan Bandara Tjilik Riwut itu merupakan yang pertama selama kemarau ini.

Kepala Perwakilan Batavia Air di Palangkaraya Aribowo mengatakan, Senin ini pihaknya berencana menambah satu pesawat tujuan Palangkaraya-Jakarta-Surabaya.

Pesawat tambahan tersebut dimaksudkan untuk mengangkut penumpang yang tak terangkut kemarin.

”Kami belum bisa memperkirakan kerugian yang timbul akibat terhentinya penerbangan sebagai dampak dari kabut asap,” kata Aribowo.

Memburuk

Pantauan Kompas, kemarin, Palangkaraya juga disiram hujan kelatu—serpihan abu dari kebakaran lahan. Kondisi yang demikian membuat jarak pandang di jalan raya terbatas.

Pengendara sepeda motor atau mobil terpaksa menyalakan lampu pada pagi atau siang hari agar pengendara dari arah berlawanan dapat terpantau.

Lahan yang terbakar setidaknya berada di enam lokasi, yaitu di Jalan Hiu, Jalan Yos Sudarso, dekat kompleks Universitas Palangkaraya, Jalan G Obos VII, Jalan Adonis Samad, dan Perumahan Bama Raya.

”Luas yang kami padamkan hari ini rata-rata hampir 1 hektar. Karena keterbatasan personel, yang kami prioritaskan adalah lokasi kebakaran di dekat permukiman dan gardu PLN,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pemadam Kebakaran Kota Palangkaraya Wawan Berlison.

”Kabut asap juga menyerbu sekitar Sampit (ibu kota Kabupaten Kotawaringin Timur) dan antara Kasongan (ibu kota Kabupaten Katingan),” kata Nor, warga Palangkaraya yang kemarin melintasi ruas trans-Kalimantan poros selatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: