Warga Penambang Liar Akui Kondisi Aman

Kendari Ekspres 2009-09-05-/halaman 16 Sultra Raya

Hadirnya Investor di Lokasi Tambang Emas

Kassipute–Warga dan para penambang liar mengakui dengan hadirnya invetor seeprti PT Panca Logam Makmur lokasi tambang emas kabupaten Bombana areal tambang menjadi aman dari tindakan  kriminal seperti perjudian, pertengkaran, penjarahan/pencurian, minuman keras, dan asusila.

Menurut Yamin, salah satu warga sekarang ini sudah kurang penambang liar masuk ke lokasi karena sudah ada investor tambang, tapi sebelum masuk investor puluhan ribu penambang dari berbagai daerah masuk ke sini mendulang emas. Mereka menggali lubang di mana-mana membuat tanah tidak rapat, berlubang-lubang dan lingkungan menjadi rusak.

Hal serupa juga dikatakan istri Yamin, yang juga warga Desa Wumbubangka mengaku dulu kondisi lokasi tambang rawan dari tindakan kriminal termasuk banyaknya penambang liar lalu lalang di depan rumah selama 24 jam menuju lokasi tambang.

Sementara itu salah seorang penambang liar, Ramli asal Kendari mengakui di lokasi tambang emas rawan tindakan kriminal, hampir setiap hari terjadi perjudian, dan pertengakaran.

Selain itu, pendapatan mulai berkurang karena sulitnya mencari air di lokasi tambang Bombana.

“Kita harus menggali lubang lebih dalam lagi hingga 10 meetr selama berhari-hari dan hasilnya belum tentu mendapat emas, kalaupun ada hanya 2 kaca.

Belum lagi kondisi yang belum aman karena banyaknya tindakan kriminal, tapi sekarang kondisi keamanan disana sudah baik akibat masuknya petugas dari Birmobda Sultra dan Polisi.

Selain itu, ia juga mengelukan tingginya biaya hidup di lokasi tambang emas Bombana.

“Harga mie instan saja mencapai Rp 5000 per mangkuk”, keluhnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: