Baubau Kembangkan Tong Sampah dari Pohon

Media Sultra 2009-09-05/Halaman 7 Daerah

Baubau– Meski telah memiliki tempat pengolahan akhir sampah yang higienis serta ramah lingkungan berteknologi sanitary landfill system di Kota Baubau namun Pemkot juga mengembangkan penggunaan ton sampah dari rotan, selain efektif, juga memberdayakan masyarakat serta ramah lingkungan.

Walikota Baubau  MZ Amirul Tamim, dirujabnya Kamis (3/9), mengungkapkan, sebagai salah satu kota berkonsep pengembangan lingkungan seharusnya aspek pembangunan mengarah pada keseimbangan lingkungan. Dengan pengembangan konsep tong sampah berbahan rotan tentu memberi harapan baru tentang konsep lingkungan.

“Jadi orientasi kita aspek keseimbangan lingkungan termasuk pengadaan tong sampah dari rotan yang ramah lingkungan jika dibandingkan dari bahan fiber dan drum yang ada selama ini”, ungkapnya.

Dikatakan, sosialisasi. Selain itu, dapat memberi nilai tambah masyarakat karena bahan baku diperoleh dengan mudah dibandingkan bahan lainnya.

“Ini kita mendapat keuntungan ganda. Selain pemberdayaan masyarakat  juga sangat ramah lingkungan. Bahkan, konsep ini mendapat pengakuan Dirjen Cipta Karya Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Pemukiman Departemen Pekerjaan Umum”, katanya.

Hal serupa diungkapkan Kadis Kebersihan, pertambangan, pemakaman,dan kebakaran, Kota Baubau  Drs MZ Tamzil Tamim, M.si. Menurutnya, pengembangan tong sampah rotan sangat ramah lingkungan dan sangat sederhana.

“Tong sampah ini unik dan pertama di Indonesia dengan konsep ramah lingkungan dibanding plastik dan fiber”, jelasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: