Dunia Kompak Promosikan Kayu Legal

Kompas 2009-09-03/Halaman E-Paper 17 Bisnis & Keuangan

Jakarta – Negara-negara di seluruh dunia kini terus mempromosikan perdagangan kayu legal. Perdagangan produk kehutanan ilegal telah merendahkan nilai ekonomi hutan dan melemahkan upaya pemberantasan pembalakan liar yang gencar selama ini.

Hal ini mengemuka dalam pertemuan bilateral Indonesia-Amerika Serikat dan dialog regional promosi perdagangan produk kehutanan legal di Jakarta, Rabu (2/9).

Pertemuan dibuka Menteri Kehutanan MS Kaban dan dihadiri delegasi dari Indonesia, AS, Malaysia, Singapura, Australia, Brunei, Vietnam, Papua Niugini, dan Kepulauan Solomon.

Direktur Jenderal Bina Produksi Kehutanan Departemen Kehutanan Hadi Daryanto, yang memimpin delegasi Indonesia, mengungkapkan, seluruh negara saling bertukar pengalaman upaya memberantas pembalakan liar dan perdagangan ilegal.

Forum ini kemudian berhasil membangun semangat bersama untuk saling bekerja sama memberantas praktik yang merugikan dunia kehutanan tersebut.

Indonesia telah memiliki sejumlah regulasi untuk pemberantasan pembalakan liar dan perdagangan ilegal. Terakhir, Menhut menerbitkan Peraturan Menteri Kehutanan Nomor 38 Tahun 2009 tentang sertifikasi dan verifikasi legalitas kayu yang mensyaratkan lacak balak.

Asisten Perwakilan Dagang AS Mark Linscott mengatakan, Pemerintah AS terus mendukung Indonesia mempromosikan perdagangan produk kayu legal dalam kerangka bilateral.

AS juga terus mengoptimalkan sejumlah aturan, seperti Lacey Act, sehingga negara lain dapat memenuhi syarat yang dibutuhkan.

Hadi menambahkan, dukungan AS, terutama setelah merevisi Lacey Act sehingga tidak ada diskriminasi, sangat membantu Indonesia.

Lacey Act mewajibkan negara eksportir kayu mencantumkan nama Latin pada produk yang masuk ke pasar AS.

”China kesulitan membuktikan kayu tropis yang diekspor adalah produk mereka. Ini menjadi peluang bagi industri kita untuk merebut ceruk pasar yang kosong,” ujar Hadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: