Uji Coba Penyedotan Lumpur Berakhir September

Media Sultra 2009-08-31/Halaman 6 Ibukota

Kendari–Uji coba dengan sistem trial and error terhadap kapal penyedot lumpur di teluk Kendari yang telah berjalan akan dilaksanakan hingga September.

Walikota Kendari, Ir Asrun yang ditemui menyatakaan pasca uji coba terhadap dua kapal pengeruk tersebut, Pemkot akan melakukan pengkajian terhadap hasil uji coba tersebut sebelum memutuskan langkah selanjutnya yang akan dilakukan, apakah tetap dengan mengoptimalkan dua kapal yang ada ataupun akan melakukan perambahan.

Mengenai adanya rencana utnuk meindahakn pengoperasian kapal pengeruk tersebut di muara sungai Wanggu, walikota menganggap, itu wajar karena pelaksana teknis di lapangan terus melakukan upaya pengerukan dengan berbagai sampel material, mulai dari yang padat dan keras hingga yang lunak.

“Dimana saja akan kita coba untuk ditempatkan kapal ini. Kan juga namanya trial and error. yang jels kita akan coba terus hingga September”, katanya.

Meski menyatakan trial and error tersebut akan dilakukan hingga September, Tapi ia belum bisa memastikan kapan pengrerukan teluk tersebut bisa di mulai secara resmi.

Dengan begitu, pengerukan teluk untuk menyedot jutaan metrik ton sedimentasi lumpur teluk Kendari yang sebelumnya digadang-gadang akan diresmikan pertengahan tahun oleh Nur Alam belum jelas harinya.

Padahal, uang yang digunakan Pemkot untuk membiayai rencana besar tersebut sudah cukup besar.

Keterangan yang dihimpun, anggaran yang telah dihabiskan untuk membiayai kapal rakitan Reraboskine dengan sistem Perkins buatan Inggris itu telah mencapai Rp 1,8 miliar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: