Baubau Bangun TPA Sampah Higiyenis

Media Sultra 2009-08-31/Halaman 7 Daerah 

Baubau– Pemerintah Kota Baubau terus melakukan terobosan pembangunan di semua bidang utnuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Setelah merencanakan pembangunan Tempat Proses Pengolahan Akhir Sampah (TPA) higienis dan ramah lingkungan.

Kepala Dinas PU Kota Baubau Ir Sunaryo Mulyo, MT kemarin mengungkapkan, TPA di bangun dengan lokasi kurang lebih 10 hektar. Selain higienis, TPA yang dibangun di Sulawesi Tenggara dengan teknologi Sanitary Landiil Sistem.

Sedangkan untuk pembangunannya direncanakan pembangunannya dari APBN sebesar Rp 3,5 M dan APBD Rp 3 M.

Dikatakan, teknologi Sanitary Landfill ini prinsipnya, tanah yang dibuatkan elevasi yang memadai. Kemudian dikatakan di lapis dengan bio membran agar nantinya air sampah tidak lagi meresap ke dalam tanah. Setelah itu, dilapisi kerikil kemudian bio tekstil, dan samaph serat taanh lagi.

Sedangkan di sekelilingnya dibangun tanggul keliling dengan jalan lingkar dan diperkirakan pembangunannya akan raampung pada tahun 2010.

“Teknologi Sanitary Landfill ini sebagian besar telah digunakan oleh negara-negara maju di dunia, sehingga bukti keseriusan pemerintah terhadap lingkungan masyarakat juga lebih baik”, ungkapnya.

Lokasi TPA higienis ini juga dijamin tidak akan ada lalat dan bau yang menganggu masyarakat karena sudah diolah dengan teknologi yang ramah lingkungan. Apalagi, sekelilingnya terdapat hutan yang sangat membantu mengatasi kekurangan.

Untuk melihat pembangunan TPA higienis ini Walikota Baubau MZ Amim melakukan peninjauan di lokasi pembangunan TPA Sampah Higienis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: