Hutan Lindung Dirambah, Cagar Alam Jadi Pemukiman

Kendari Pos 2009-08-28/Halaman 6 Bumi Anoa

Kolaka– Perambahan hutan di Kolaka di ambang degradasi memprihatinkan. Tak hanya kawasan hutan lindung, cagar alam pun pun ternyata tak luput dari perusakan tangan manusia. Beberapa kawasan yang ” haram diolah itu” bahkan sudah menjelang jadi pemukiman dan bersatus desa.

Kurangnya petugas menjadi salah satu faktor lemahnya pengawasan. Kepala Bidang Perlindungan Hutan Dishut Kolaka, Muchklis Djide mengaku, beberapa areal kawasan cagar alam telah menjadi pemukiman warga.

Misalnya desa Puday, Kecamatan Tanggetada, yang sebagian wilayahnya masuk ke dalam cagar alam Lamedai. Suaka Alam Mangolo juga di duga telah dirambah warga khsusunya yang berbatasan dengan pemukiman.

Oleh instasni terkait, justru telah dibuatkan Perda utnuk pembentukan desa baru.

Kondisi yang sama juga menimpa Taman Nasioan Rawa Aopa Watumohai (TNRW). Beberapa wilayah desa telah masuk di dalam kawasan ini anatra lain, Desa Bou, Lere Jaya, dan Desa Atolano di perbatasan antara Kecamatan Angata (Konsel).

“Untuk penjelasan soal ini (TNRW) merupakan kewenangan Badan Konservasi Sumber Daya Alam  (BKSDA)”, ungkapnya.

Sebelumnya, Anggota DPRD Kolaka, Hasdin Al Djuddawi  menyoroti banyaknya wilayah kawasan hutan lindung yang sudah beralih fungsi menjadi pemukiman penduduk bahkan telah berstatus desa.

“Seharusnya Pemkab Kola sudah melaporkan ke dewan, terlebih lagi ke Menteri Kehutanan soal alih fungsi hutan untuk mendapatkan izin pinjam pakai kawasan.

Dalam lima tahun terkahir, belum ada laporan tata hutan. Selain Desa Puday  yang masuk cagar alam Lamedai, beberapa areal hutan lindung yang berstatus sedang seperti Pundaipa, Kecamatan Lambandia, Desa Pekores, Kecamatan Ladongi dan beberapa wilayah di kecamatn Uluiwoi. Kawasan itu bukan Areal Penggunaan Lain (APL).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: