Kadishut Kolaka Periksa Warga KM 16

Media Sultra 2009-08-27/Halaman Utama

Kolaka– Kadis Kehutanan Kolaka, Ir H Abd Rahim, bersama jajarannya Selasa memeriksa 15 warga. Warga yang diperiksa mewakili ratusan warga yang saat ini mendiami km 16 yang rata-rata pendatang.

Mereka melakukan pembukaan lahan untuk perkebunan yang sebagian merupakan kawasan hutan lindung.

Kadis Kehutanan usai pemeriksaan 15 warga yang telah merambah hutan yang terjadi sejak tahun 2003 menyatakan, masyarakat dipanggil pihak Dinas Kehutanan rata-rata memiliki lokasi 1 ha. Pada pemanggilan tersebut, pihak kehutanan agar jangan lagi melakukan perambahan.

“Karena akan merusak DAS Sabilambo, apalagi km 16 adalah kawasan hutan Lindung dan di situ ada DAS Sabilambo”, ungakapnya.

Untuk menjaga perambahan hutan, Dinas Kehutanan senantiasa operasi rutin  untuk  menjaga kawasan hutan serta peredaran hasil hutan disemua wilayah.

Jika warga yang telah diarahkan tetap membandel menindak Dinas Kehutanan akan menindak secara hukum.

Abdul Rahim, juga telah mengintrusksikan Polisi Kehutanan untuk patroli di hutan Sakuli. Kawasan ini mencukup vital karena berdekatan dengan lokasi penampungan Air Minum (MTAK) PDAM.

Hutan ini merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan ini juga telah disinyalir kuat kawasan ini juga telah dirambah warga.

“Kalau yang merambah di Sakuli selama ini saya tidak tahu karena izin pengelolaan untuk wilayah Kecamatan Kolaka sudah tidak tertibkan lagi sejak bulan April 2009”, ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang warga km 16, Tintang yang berasal dari Kabupaten Gowa menyatakan, lokasi yang dimilikinya saat ini merupakan hasil ganti Rugi Tanah kepada seseorang yang mengaku telah 6 tahun mengolah lokasi perkebunan.

“Lokasi kami kurang lebih 2 Ha adalah hasil ganti rugi tanah dengan H. A seseorang yang mengaku sebagai pemilik tanah, sementara warga yang bermukim di lokasi berkisar 100 jiwa dan mereka rata-rata sudah mendirikan rumah permanen di lokasi tersebut”, ungkapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: