Hari ini Festival Wakatobi Sail Indonesia Dibuka

Kendari Ekspres 2009-08-27/Halaman Utama

Wangi-Wangi – Jika tak ada aral melintang, Rabu (26/8) hari ini penyelenggaraan Festival Wakatobi Sail Indonesia 2009 akan dimulai.

Sumber dari Humas Panitia pelaksana menyebutkan kegiatan ini akan di buka oleh Gubernur Sultra H Nur Alam SE, disaksikan Bupati Wakatobi Ir Hugua dan dihadiri Dirjen Destinasi Pariwisata Departemen Pariwisata RI.

Dalam acara pembukaan nanti akan ditampilkan beberapa atraksi budaya dan tarian tradisional khas Wakatobi, seperti Karia’a dan tarian Balumpa dari Pulau Binongko. Kegiatan ini akan diikuti oleh para Sailer (pelayar) dunia, dari sejumlah negara.

Hari selanjutnya kegiatan ini akan dimeriahkan dengan pagelaran adat Kabuenga, Lomba Dayung Tradisonal, prosesi adat Bangka Mbulembule dan prosesi adat suku bajo.

Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan dari semua kecamatan di Wakatobi akan dimeriahkan dengan pertujukan tarian tradisional. Mulai dari acara pembukaan hingga penutupan nanti. Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 26-30 Agustus 2009 nanti.

Hingga menjelang hari H pelaksanaan kegiatan ini, kapal-kapal Sail dari sejumlah negera terus berdatangan. Jumlahnya saat ini sudah mencapai 45 kapal.

Sebagian berlabuh di Wangi-Wangi dan sebagian lagi berada di Pulau Hoga untuk melakukan penyelaman. Rombongan besar kapal-kapal berharga miliaran ini akan merapat pada tanggal 26/8 hari ini. Jumlahnay diperkirakan masih mencapai 43 kapal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: