Pengelola Mal Janji Sediakan Parkiran Sepeda

Kompas 2009-08-26/E-Paper Halaman 27  Nusantara

JAKARTA – Pengelola pusat perbelanjaan di Indonesia, terutama di Jakarta dan sekitarnya, berjanji akan menyediakan tempat parkir sepeda.

”Saya sepakat dengan komunitas pesepeda bahwa pengelola gedung-gedung di Jakarta dan sekitarnya perlu menyediakan tempat parkir khusus sepeda.

Kami berjanji menyediakannya dan itu tidak sulit,” kata Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan kepada Kompas, Selasa (25/8).

Namun, Stefanus berharap dapat bertemu, duduk bersama, dan berdiskusi dengan sejumlah komunitas pesepeda di Jabodetabek.

”Sebab yang menjadi persoalan bagi kami adalah soal keamanan sepeda. Bagaimana petugas sekuriti dapat mengenali sepeda ini betul milik A atau B? Bukankah sepeda tidak memiliki nomor polisi? Persoalan keamanan menjadi kepedulian kami karena itu tanggung jawab kami,” katanya.

Menurut Stefanus, peralatan sepeda sekarang mudah dipreteli. ”Ini yang membuat kami harus lebih hati-hati dalam soal parkiran sepeda,” lanjutnya.

Stefanus menegaskan kembali komitmen para pengelola pusat belanja untuk menyediakan tempat parkir khusus sepeda. ”Tempatnya tidak terlalu luas. Tarif parkirnya pun tidak semahal mobil dan motor,” katanya.

Sementara itu Direktur Komunikasi Hotel Borobudur Jakarta Fika Kansil mengatakan, hotel di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, itu sejak dua tahun terakhir ini sudah menyediakan lahan parkir sepeda.

”Parkiran sepeda menjadi satu dengan parkiran sepeda motor di area parkir yang merupakan fasilitas hotel.

Bersih, lengkap dengan atap agar tidak kepanasan dan kehujanan. Petugas sekuriti mencatat sepeda yang masuk dan keluar dengan cermat,” kata Fika Kansil.

Sebelumnya, seorang sepeda, Nugroho F Yudho, kecewa dengan sikap petugas sekuriti sebuah hotel bintang lima di kawasan Senayan yang melarang sepeda lipatnya masuk ke areal hotel.

Padahal, General Manager Humas Kompas Gramedia itu akan bertemu dengan relasinya, warga negara Jepang. Nugroho berharap hotel-hotel lebih ramah kepada pesepeda.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meminta pengelola gedung menyediakan tempat parkir sepeda. Fauzi meminta DPRD DKI mempersiapkan aturan khusus tentang parkiran ini.

Sekretaris Daerah Muhayat menyatakan sedang mempersiapkan tempat parkir sepeda di setiap feeder busway.

Beberapa lokasi yang sedang dipersiapkan adalah Kalideres, Lapangan IRTI Monas, Kampung Rambutan, dan Ragunan.

Adapun perumahan yang memiliki jalur sepeda baru Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara. Dalam waktu dekat, BSD menyediakan jalur bagi pesepeda, khusus pada hari Minggu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: