El Nino Tidak Mempengaruhi Hasil Panen

Media Sultra 2009-08-25/HALAMAN 6 IBUKOTA

Kendari– Hasil panen petani kota Kendari tidak terpengaruh dengan el noni.Hal ini diungkapakn Kepala Dinas Pertania, Peternakan, dan perkebunan Kota Kendari, Nedy Patanduk.

Kata ia, hasil panen petani di Kota Kendari tidak terpengaruh karena lahan para petani masih diselingi dengan turunnya hujan. Sehingga tingkat kadar air tanah masih bagus untuk menunjuang berkembangan tanaman.

“Selain diselingi dengan hujan kami juga menerapkan system mulsa. System ini menggunakan daun-daun kering untuk menutup tanah sehingga kadar air disekitar lahan dapat tahan lama”, jelasnya kemarin di kantor DPRD Kendari.

Khusus untuk sawah-sawah yang ada di Kota Kendari, masih aman, karena dari total 400 ha sawah di Amohali dan 100 ha di Labibia masih dapat menghasilkan panen setengah ton beras per hektar nya.

“Memang sawah-sawah ini masih sulit untuk kita melakuakn produksi lagi. Untuk mengatasi kondisi yang lebih buruk, kami taktisi lahan ini dengan menanam palawija yang tak terlalu banyak menyerap kadar air”, ungkapnya.

Selain itu, saat ini pihaknya juga tengah merancang beberapa program pertanian untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan akibat el nino.

“Kami juga tidak menginginkan musim el nino memberi dampak turunnya hasil pertanian kita. Untuk itu kami berupaya agar disekitar tanaman tersedia air yang cukup”, tuturnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: