Ramadhan, Listrik Bombana Tetap Kronis

Kendari Ekspres 2009-08-24/Halaman 16 Sultra Raya

Rumbia– Di bulan suci ramadhan ini, umat muslim Bombana mengharapkan kondisi listrik di daerah yang memiliki tambang emas ini dapat sedikit membaik atau stabil utamanya pada malam hari.

Karena pada bulan ramadhan ini masyrakat banyak melakukan kegiatan di malam hari dan shubuh hari dalam hal ini shalat tarawih dan dan sahur, yang tentunya sangat memerlukan adanya listrik sebagai penerang guna memperlancar aktifitas keagamaan tersebut.

Tapi sayangnya, apa diharapkan masyarakat Bombana itu tak juga terpenuhi. Pasalnya kondisi listrik Bombana pada bulan puasa ini tetap memprihatinkan dan kronis yakni pemadaman secara bergilir tanpa terjadwal.

Yang lebih mengecewakan hati masyarakat jkarena pemadaman bergilir sudah berlangsung lama ini tapi belum juga ada solusi baik dari pihak PLN maupun pemerintah setempat sehingga sampai saat ini masyarakat Bombana tak bisa merasakan listrik selama semalam suntuk.

Misalnya saja, jika giliran pemadaman pada suatu lokasi terjadi mulai pukul 18.00 Wita, maka nanti pada pukul 24.00 Wita listrik di lokasi tersebut baru menyala dan kemudian pada pukul 07.00 Wita kembali dipadamkan hingga pukul 18.00.

Kondisi inilah yang dirasakan masyrakat Bombana sejak beberapa bulan ini bahkan telah beberpaa kali terjadi pergantian majer PLN Ranting Bombana tapi belum juga ada perubahan yang lebih baik terhadap kondisi listrik Bombana dan yang selalu alasan pihak PLN Bombana adalah kemampuan mesin yang dimiliki sekarang sudah tidak mampu lagi menangani kebutuhan pelanggaan secara keseluruhan, ditambah dengan seringnya terjadi kerusakan pada mesin tersebut sehingga pemadaman bergilir dinilai merupaakn solusi terbaik guna menghindari pemadaman total.

Tentunya alasan tersebut semakin membuat harapan masyarakt Bombana agar listrik di daerahnya dapat stabil atau menyaal 24 jam kian pupus, apalagi dengan adanya pengakuan Bupati Bombana, Dr H Atikurrahman MS, bahwa Pemkab Bombana belum mapu memberikan bantuan anggaran untuk pembelian mesin baru dengan alasan harga mesin ia nilai terlampau mahal., jadi utnuk memberikan bantuan PLN pada 2010 mendatang sepertinya sangat sulit karena dana yang dibutuhkan terlalu besar”, ungkapnya belum lama ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: