Pola Hidup Masyrakat Harus Dirubah

Media Sultra 2009-08-24/Halaman 2 Ekonomi

Andoolo– Kebiasaan pola bercocok tanam masyarakat yang sering berpindah-pindah menambah pekerjaan baru bagi Camat Wolasi Ir.Abd Haris, Menurutnya pola hidup seperti itu harus segera dirubah karena sangat merugikan dan dapat merusak hutan.

Padahal, kondisi tanah dan iklim di wilayah itu, diakuinya sangat cocok untuk tanaman kakao. Sehingga lahan yang telah diolah tidak menjadi lahan tidur yang tidak produktif.

“Andai saya duit saya akn ajak studi banding mereka ke Kolaka. Supaya mereka bisa lihat langsung cara menanam coklat yang baik,” ungkapnya.

Menurutnya, selama ini keberhasilan pertanian dan perkebunan di wialayahnya masih di dominasi oleh warga pendatang dari luar Sultra. Seperti dari Jawa dan Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut, kita harus memanfaatkan itu lahan-lahan tidur, sekarang dari masyarakat saja mau diapakan itu tanah. Mereka yang dari luar itu berhasil, kenapa kita  tidak”, jelasnya.

Selain menggunggulkan produk-produk pertaniannya, pemerintah kecamatan juga akan memenuhi penataan lingkungannya.

Seperti pembuatan pot-pot bunga disepanjang poros Kendari Wolasi. Hal ini untuk mewujudkan misi kecamatan Wolasi yaitu menjadikan Wolasi sebagai kota dalam hutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: