Laboratorium Bawah Laut Siap di Bangun

Kendari Pos 2009-08-24/Halaman 5 Bumi Anoa

Kendari– Wakatobi terus berusaha mencari perhatian dunia. Selain sedang mempersiapkan acara berujuk  “Sail Wakatobi” dan lomba laut internasional, daerah terkenal dengan kekayaan baharinya ini direncanakan menjadi pusat penelitian kelautan terkemuka di pusat segitiga karang dunia. Semua rencana itu disampaikan Bupati Wakatobi Hugua, kemarin.

“Saat ini, Pemkab Wakatobi tengah mempersiapkan laboratorium bawah laut. Rencana ini selain di dukung universitas lokal, seperti IPB, Unhas, dan Unhalu. Termasuk dukungan para pakar terkait di level internasional sehingga diharapkan tahun depan bisa diwujudkan”, ungkap Bupati.

Tak mempersiapkan laboratorium, Pemkab Wakatobi telah menandatangi kerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan Jakarta untuk mempersiapkan SDM lokal dibidang kebaharian. Setiap tahunnya, putra-putri terbaik Wakatobi akan di beasiswakan ke lembaga pendidikan tersebut.

Pemkab juga telah mendatangani MOU dengan Kepala Badan Riset dan Teknologi Departemen Kelautan RI terkait dengan kerjasama penelitian mega fauna di Wakatobi.

Tujuan laboratorium dibawah laut yang miaturnya sedang dijalankan ini sebagai tempat penelitian tentang pengaruh iklim global.

Untuk persiapan itu, saat ini sudah ada alat sepanjang 20 sentimeter yang mengontrol global warming. Alat ini kepunyaaan teman dari Eropa. Hasil penelitian mega fauna yang terungkap, Wakatobi ternyata menjadi jalur imigrasi lumba-lumba dan ikan paus dari Australia ke arah Filipina.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: