Hugua Tandatangani MOU dengan DKP

Media Sultra 2009-08-24/Halaman 12 Selekta

Kendari– Pemda Wakatobi sepakat menjalin kerjasama dengan Departemen Kelautan Perikanan (DKP), dalam hal penelitian fauna laut.

Kesepakatan itu dilakukan di Jakarta yang ditandai dengan penandatanganan tersebut adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Wakatobi, Abdul Manan.

Kerjasama tersebut adalah menyangkut penelitian fauna di Wakatobi. Badan Riset penelitian fauna Wakatobi. Penelitian fauna seperti lumba-lumba dan paus, yang banyak melintasi perairan Wakatobi. Wakatobi menjadi alur migrasi lumba-lumba dan pausa dari Australia dan Filipina.

Selain kerjasama dengan DKP, penandatangan MOU juga dilakukan anatara Pemda Wakatobi dengan Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta. Bagi putra-putri Wakatobi yang berprestasi untuk disekolahkan di STP setiap tahunnya.

Menurut Manan, yang menarik dari penyataan Kepala Badan Riset DKP adalah ingin menjadikan Wakatobi sebagai pusat penelitian terbaik di dunia.

Wakatobi selama ini telah dijadikan pusat penelitian mahasiswa, dosen, dari berbagai negara Eropa. Saat ini ada sekitar 200 lebih mahasiswa dan dosen melakukan penelitian kelautan, perikanan, dan budaya di Wakatobi menjadi Hoga sebagai center riset.

Selain STP, Pemda Wakatobi juga akan mengajak sejumlah Universitas lainnya seperti Unhalu, dan Unhas, dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: