Perda Pembebasan Lahan Digagas

Kendari Pos 2009-08-22/Halaman 6 Lingkungan

Kendari– DPRD Kabupaten Wakatobi terpilih tak lama lagi akan dilantik. Dan, para legislator tersebut ternyata sudah memiliki program yang akan difokuskan saat ditetapkan sebagai wakil rakyat nantinya.

Seperti La Moane Sabara yang terpilih dari Partai Demokrat menyatakan pembebasan lahan masyarakat merupakan masalah serius yang harus diselesaikan masalah serius yang harus diselesaikan secepatnya.

Selama ini banyak program pembangunan yang dananya bersumber dari pemerintah menjadi terganggu karena perencanaan pembebasan lahan yang tidak maksimal dan belum dituangkan dalam suatu peraturan daerah.

Makanya, Sekertaris Partai Demokrat Wakatobi ini mantap utnuk menitikberatkan pembuatan pembebasan lahan jika sudah diterapkan menjadi senator.

“Ada sejumlah bangunan pemerintah di daerah ini yang terkendala pembangunannya, karena menimbulkan konflik di masyrakat. Jalan keluarnya, harus ada Perda yang ditelorkan dengan mengedepankan keberpihakan terhadap masyrakat”, katanya.

Menurut La Monae Akibat tak maksimal perencanaan pembebasan lahan selama ini, ada juga bangunan yang tidak terpakai, bahkan mubazir.

Contohnya, bangunan perumahan dokter yang saat ini tidak dipakai, karena penempatan tak tepat.

“Akhirnya juga berimbas pada pemborosan anggaran. Wakatobi adalah kabupaten yang sementara berproses ditahap perkembangan, jadi sudah sepantasnya peraturan yang ada harus berpihak pada unsur pengembangan daerah lebih baik” ungkapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: