Penambang Pasir Illegal Akan diTertibkan

Kendari Pos- 2009-08-22/Halaman 5 Bumi Anoa

Kolaka–Maraknya penamabng pasir padasejumlah sungai di dalam Kota Kolaka membuat gerah pihak instasni teknis, dinas pertambangan.

Selain itu, memiliki izin aktivitas penambangan yang terkendali, kegiatan tersebut juga berpotensi menimbulkan abrasi sungai.

Khusu di sungai Sakuli misalnya. Pada kawasan itu terdapat intake air bersih PDAM Kolaka. Aktivitas penambangan pasir tersebut pun mengancam sumber air bersih yang selama ini digunakan lima ribu pelangaan perusahaan daerah itu.

Menurut Kepala Sub Bidang Pengusaha Pertambangan UmumDistamben Kolaka. S Suwarto S menyatakan pihaknya sudah beberapa kali memberikan teguran secara persuasif apgar para penambang pasir menghentikan kegiatannya.

“Tapi kendalanya, sungai lokasi tempat menambang itu melintasi kebun mereka, apalagi kalau alasannya cari hidup. Tapi, kalau khusus, sungai terdapat intake PDAM itu memang dilarang”, tegasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan bangunan itu, Pemkab sebenarnya telah menentukan dua lokasi penambangan pasir yang berizin, yakni di Sungai UI-Unggolaka dan Lamekongga.

Meskipun pada kenyataannya, penambangan pasir khususn yang tidak berizin juga terdapat di beberapa lokasi seperti sungai Salambo, Balandete dan Sakuli.

Namun dengan disahkannya undang-undang tentang pertambangan energi dan batubara, kami kini memiliki landasan hukum yang kuat.

Karena dalam aturan tersebut ancaman hukuman bagi penambang liar termasuk penambangan pasir. Sanksi pidananya jelas. Bagi penambang liar itu, dua tahun penjara dan denda Rp 4 miliar. Mudah-mudahan ini bisa segera diterapkan secara efektif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: