Malaysia Jajaki 6 Provinsi di Sulawesi

Kendari Ekspres 2009-08-19

Kendari–Malaysia menjajaki sumberdaya alam (SDA) di semua provinsi di Pulau Sulawesi. Khusus untuk Provinsi Sultra, Malaysia menjadikan rumput laut sebagai andalan utama investasi di daerah ini.

Sementara untuk provinsi lainnya seperti di Sulsel, Malaysia menjajaki beras, Sulteng (kelapa sawit dan kelapa), Gorontalo (daging sapi), Sulut (ikan laut, rempah-rempah dan pariwisata dan Sulbar (coklat).

Hal tersebut diungkapkan Datuk Azis Chemoor yang berkapasitas sebagai perpanjangan tangan Perdana Menteri Malaysia yang ditemui wartawan koran ini di Kota Kendari, Selasa kemarin (18/8).

Menurut Datuk Azis, Pemerintah Malaysia akan menanamkan investasinya di enam provinsi di Pulau Sulawesi dalam waktu dekat ini. Untuk kunjungannya kemarin, merupakan kunjungan kedua kalinya ke Sultra setelah sebelumnya juga pernah berkunjung ke daerah ini untuk kegiatan yang sama yaitu penjajakan investasi tepatnya tgl 2 dan 3 Agustus 2009 lalu.

Pada kesempatan itu, Datuk Azis yang turut didampingi Koordinator Agrobisnis Malyasia-Indonesia Wilayah Sulawesi, Jacob Haji Kasolan mengatakan, dirinya sudah mengunjungi sejumlah provinsi di Sulawesi termasuk wilayah Kabupaten Konawe Utara dan Kabupaten Bombana.

“Saya melihat sendiri kondisi alam dan SDA cukup menggembirakan di dua daerah tersebut dan dinyatakan sangat cocok untuk menjadikan alokasi investasi Pemerintah Malaysia di Sultra.

Saya akan melaporkan ke Perdana Menteri Malaysia untuk selanjutnya dikoordinasikan dengan Pemerintah Indonesia di Jakarta,” ujarnya.

Datok Azis mengaku sudah bertemu dengan Gubernur Sultra H Nur Alam SE dan bupati daerah bersangkutan, mereka sangat mendukung rencana investasi Pemerintah Malaysia di Sultra.

Ketika ditanya berapa besar investasi yang akan dialokasikan di Sultra, Datuk Asiz belum mau menyebutkan secara riil. “Yang pasti jumlah investasi sangat banyak,” kilahnya.

Menurut rencana perpanjangan tangan Pemerintah Malaysia ini akan kembali ke Sultra awal September 2009 mendatang dengan membawa sejumlah ahli di bidang masing-masing. Rabu pagi hari ini, Datuk Azis meninggalkan Kota Kendari menuju Makassar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: