Gubernur Minta Dana Kesungguhan Investor USD 2 Juta

Media Sultra 2009-08-15/Halman Utama

Kendari– Usia menjawab pemaparan dari perwakilan perusahaan tambang asal China, PT Minsources Stainless Steel yang punya niatan membangun pabrik nikel, kemarin Nur Alam langsung meminta dana kesungguhan dari niatan investasi tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, Gubernur tersebut langsung menyebut angka USD 2 juta atau bila di konversi ke mata uang rupiah jumlahnya diatas 18 miliar.

Permintaan dana tersebut dilakukan karena belajar dari pengalaman sebelumnya banyak perusahaan yang tertarik berinvestasi di Sultra namun akhirnya kandas karena alasan finansial.

“Dana ini kami minta sebagai bentuk jaminan kesungguhan niatan investasi dan akan kami simpan serta umumkan kepada masyarakat supaya mereka juga tahu ada perusahaan yang sungguh-sungguh mau berinvestasi”, katanya di ruang rapat terminal VIP bandara WMI kemarin.

Selain meminta dana jaminan kesungguhan, Nur Alam juga meminta agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Sultra bisa inklud dalam aktivitas investor, sehingga nantinya masyarakat akan menyiapkan waktu untuk mengunjungi kantor perusahaan itu di Shanghai China saat melawat ke negeri tirai bambu itu pekan depan.

Terkait dengan hal tersebut perwakilan PT Minsources Stainles Steel wilayah Jakarta, Rudi Rusmadi menyatakan, hal tersebut akan disampaikan kepada pimpinannya dan tidak menutup kemungkinan hal itu bisa dilakukan jika ada lampu hijau dari pimpinan perusahaan.

Lebih jauh ia menjelaskan, dalam rencana perusahaan ore intake yang mereka harapkan adalah 350 ribu metrikton tiap bulannya yang akan disuplay untuk 5 Provinsi China.

Perusahaan tersebut juga berencana membangun pembangkit listrik tenaga batubara dengan daya 25 ribu kilovolt.

Rudi menambahkan, pihaknya juga berencana membuat dua pabrik pengolahan ore yang dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama memerlukan lahan seluas 35 hektar dan tahap kedua 65 hektar.

“Kami tertarik untuk berinvestasi di Indonesia termasuk Sultra karena masuk dalam negara penyuplay ore terbesar di dunia”, ungkapnya.

Mengenai Cooperate Social Responsibility (CSR), PT Minsources juga telah menyiapkan perencanannya”, ungkapanya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: