Warga Terus Menolak Pemadaman Bergilir

Kompas 2009-08-14E-paper Halaman 22 Nusantara

Pontianak- Unjuk rasa warga menolak pemadaman listrik bergilir di Kota Pontianak terus berlanjut. Setelah sehari sebelumnya, Rabu, ratusan warga berunjuk rasa di Kantor PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Barat, Kamis (13/8), giliran puluhan ibu dan mahasiswa berdemonstrasi di Kantor PLN Cabang Pontianak.

Koordinator aksi, Deman Huri, menilai pemadaman listrik bergilir Pontianak sudah sampai pada taraf keterlaluan. Pemadaman bisa terjadi hampir sepanjang hari dan mengakibatkan masyarakat mengalami kerugian.

Peralatan elektronik banyak yang rusak akibat pemadaman listrik, aktivitas bisnis dan waktu belajar siswa pun terganggu.

”PLN sebagai perusahaan milik negara seharusnya memiliki perencanaan, standar mutu, dan manajemen risiko yang cukup baik. Namun, faktanya, PLN belum profesional dalam pengelolaannya,” kata Deman.

Menanggapi itu, Manajer PLN Cabang Pontianak Frangky W Mewengkang mengungkapkan, pemadaman bergilir dilakukan karena ada pemeliharaan periodik Pembangkit Listrik Tenaga Gas Siantan yang berkapasitas 30 megawatt sejak 20 Juli.

Pemeliharaan periodik harus dilakukan untuk menghindari kerusakan lebih fatal pada mesin pembangkit yang sudah berusia 12 tahun itu. Pemeliharaan seharusnya dilakukan pada April, tetapi ditunda karena bertepatan dengan pelaksanaan pemilu legislatif.

Belum bisa dipastikan kapan pasokan listrik kembali normal karena komponen mesin pembangkit yang diganti harus didatangkan dari luar Kalbar.

Sejumlah pelaku usaha dan warga di Pontianak mengeluhkan pemadaman listrik bergilir, yang menyebabkan kerusakan peralatan elektronik. Dianti (30), warga Jalan Merdeka Pontianak, menyebutkan, mesin pendingin ruangan di rumahnya rusak gara- gara listrik sering padam.

Padahal, keberadaan mesin pendingin ruangan belakangan ini cukup vital di tengah bencana kabut asap yang terus melanda Pontianak dan sekitarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: