Polisi Usut Masuknya Uang BB Jati

Tiba-Tiba Ada di Kas Daerah

Kendari Pos 2009-08-14/Bumi Anoa Halaman 4

Raha– Waktu tiga bulan ternyata belum dianggap cukup oleh penyidik kepolisian dianggap cukup oleh penyidik kepolisian utnuk mengungakpa tuntas raibnya barang bukti (BB) 2080 batang jati dan uang Rp 351.321.000.

Padahal, awalnya jajaran Polres Muna terlihat begitu optimis mampu menyelesaikan kasus ini.  Belakangan, tensi semangat justru mengendur, Apalagi, pihak Pemkab Muna ternyata diam-diam telah mengemablikan BB uang senilai RP 351.321.000 yang selama ini”raib” ke kas daerah, belum laam ini.

Meski terkesan lihai, namun Pemkab Muna tetap saja tak dapat menyembunyikan keanehan yang etrjadi dalam kasus tersebut.

Sebab, perkara ini terungkap saat putusan MA no.886 K/Pd/2005 dikeluarkan. Pihak Pemkab baru mengembalikan barang bukti uang Rp 321.321.000 itu kas daerah nanti pada tanggal 4 Agustus 2009 lalu.

Padahal, para saksi seperti Eman, Ali Possau, WT Bermuli, Andi Pangeran, dan La Ode Baisof telah mengaku di depan penyidik Polres Muna, jika mereka memang menerima sejumlah uang yang bersumber dari BB  tersebut.

Hal senadajuga pernah dikaatakan mantan Kadishut Muna, La Ode Kardini, SE. Menurutnya, uang ratusan juta tersebut telah dibayarkan pada Eman, cs ditandai dengan bukti kwitansi.

Kini penyidik Polres Muna Kembali fokus mengusut dari mana sumber uang BB yang tiba-tiba dimasukkan ke kas daerah itu, baru-baru ini.

“Meskipun uang BB seniali Rp 351.321.000 telah dikembalikan pihak Pemkab Muna ke kas daerah tanggal 4 agustus lalu, tapi itu tidak akan membuat unsur pidananya hilang. Malah muncul lagi kasus baru.

Dari mana asal uang itu. Kok tiba-tiba muncul lagi. Padahal sebelumnya kita sudah memeriksa para saksi termasuk bukti bahwa para saksi Eman cs, telah menerima sejumlah uang BB tersebut. Kasus ini malah jadi menarik dan kita akan kembali berkoordinasi dengan BPKP”, jelas Kapolres Muna AKBP Jemmy Rosdiantoro melaui Kasat Reskrim, AKP Agus Sugiarso, kemarin ketika dikonfirmasi.

Menurut ia, meski uang Rp 351.321.000 telah dikembalikan hingga penyidikan kasus ini molor, namun Polres Muna optimis pengusutan kasus ini akan rampung.

“Kita tetap optimis menyelesaiakn kasus ini. Termamsuk raibnya BB kayu jati 2080 batang, juga akan mnyerahkan bukti bahwa uang ke kasda”, pungkasnya Kasat Reskrim Polres Muna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: