Sekitar 2.000 Penyelam Semarakkan Sail Bunaken

Kompas 2009-08-13/Halaman 23 Nusantara

Manado – Lebih dari 2.000 penyelam diperkirakan akan bersaing untuk memecahkan rekor dunia dalam selam massal Sail Bunaken di Teluk Manado, Kawasan Malalayang, Sulawesi Utara, Sabtu (15/8).

Para peserta yang datang dari dalam dan luar negeri tampak antusias menyemarakkan pemecahan rekor dunia selam massal dari segi waktu dan jumlah peserta itu.

Panitia mencatat, rekor selam massal terbesar dari segi peserta terjadi di Thailand, diikuti 1.400 orang dan menyelam bersama selama 12 menit.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama Iskandar Sitompul di Manado, Rabu, mengatakan, sekitar 2.000 penyelam siap menyelam bersama dalam kegiatan pemecahan rekor dunia.

Data dari panitia Sail Bunaken di Manado, saat ini tercatat 2.340 orang mendaftarkan diri ikut menyelam massal. ”Angka ini menunjukkan antusiasme luar biasa,” kata Roy Tumiwa, Kepala Biro Humas dan Pemerintahan Sulut.

Mobilisasi penyelam akan melibatkan TNI Angkatan Laut, Departemen Kelautan dan Perikanan, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia, serta Pemerintah Provinsi Sulut.

Di antara penyelam terdapat sejumlah pejabat TNI dan Polri, seperti Kepala Kepolisian Daerah Sulut Brigadir Jenderal (Pol) Bekto Suprapto. Sebagian besar peserta selam datang dengan biaya sendiri lengkap dengan peralatannya.

Panitia menjadwalkan kegiatan penyelaman massal dilakukan dua kali. Pemecahan rekor pada Sabtu mendatang dan kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan di bawah laut pada 17 Agustus.

Kegiatan Sail Bunaken, Rabu, dimulai dengan penanaman 5.000 pohon bakau di Pelabuhan Bitung dan Kecamatan Molas oleh Menteri Departemen Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi dan Gubernur Sulawesi Utara SH Sarundajang.

Di Bitung, Numberi juga menyaksikan puluhan yacht yang berlayar dari Darwin, Australia, sejak 18 Juli. Kini, yacht itu terparkir di perairan Lembeh.

Dua hari terakhir sejumlah kapal perang antara lain dari Thailand HTMS Rattana Kosin berbobot 960 ton dan HTMS Phutthaleotla Naphalai berbobot 3.011 ton tiba di Bitung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: