Lokasi Pertambangan Rakyat Dipertanyakan

Kendari Ekspres 2009-08-13/Sultra Raya Halaman 16

Rumbia-Keberadaan tambang emas yang ditemukan di Bombana nyaris setahun tapi sampai sekarang belum juga ada lokasi yang jelas untuk digunakan masyarakat Bombana sebagai pertambangan rakyat.

Hal ini menjadi pertanyaan besar di masyarakat Bombana. Pasalnya izin KP yang dikeluarkan pemerintah setempat kepada investor sudah lumayan banyak, tetapi lokasi untuk pertambangan rakyat  masih  belum ada.

Belum adanya lahan yang dikhususkan bagi pertambangan rakyat, ikut membuat makin maraknya penambang liar yang masuk dan beraktifitas di lokasi emas yang tidak menentu, termasuk di lokasi yang telah menjadi  milik investor.

Masih maraknya penambang liar yang memasuki  lokasi emas Bombana membuat pemerintah setempat merasa kelabakan dengan kerap melakukan penyisiran dan penertiban  penambang.

Menurut pemerintah Bombana aktifitas penambang  masih belum dilakukan masyarakat karena belum adanya izin pertambangan  rakyat.

Kondisi ini turut membuat para penambang merasa kebingungan, dimana belum adanya lokasi untuk pertambangan rakyat, pemerintah dinilai bersikap  lambat dalam memikirkan rakyatnya sedangkan yang jadi prioritas diberikan izin adalah investor.

“Seharusnya pemerintah bertindak cepat untuk mengkapling atau menetapkan lokasi mana yang diperbolehkan untuk dikelola sebagai pertambangan rakyat agar kami juga tidak selalu diusir karena dinilai beraktifitas di lokasi yang sudah dikuasai investor,” ujar salah seorang penambang yang juga warga Bombana, Irwan.

Desakan yang sama telah disuarakan beberapa elemen yang datang melakukan  aksi demonstrasi di Kantor Bupati dan DPRD Bombana tapi, tetapi sampai sekarang belum juga ada realisasi untuk lokasi pertambangan rakyat.

Demikian halnya dengan yang diharapkan Direktur Utama PT Panca Logam Makmur, Lukman Aziz. Dia mengharapkan agar secepanya ada aturan yang jela dari pemerintah daerah Bombana terkait dengan regulasi pertambambagan rakyat, sehingga aktifitas penambangan dapat dilakukan secara teratur dan juga komunikasi poihaknya dengan masyrakat penambang dapat lebih baik.

Ketua Tim Penertiban Tambang yang juga Asisten Satu Setda Bombana, Ir Selamet Rigay, SE, MSi, mengatakan, saat ini pihak pemerintah setempat  sudah mengusulkan izin untuk pertambangan rakyat yang saat ini sudah berada di Departemen Energi dan Mineral.

Dia mengharapkan, izin tersebut dapat secepatnya direalisasikan.  “Pemerintah tidak mungkin mau melaratkan rakyatnya dan untuk izin pertambangan rakyat sudah di departemen energi dan mineral,” jelasnya saat berbicara dihadapan ratusan massa Chanel HAM yang melakukan aksi demonstrasi belum lama ini di kantor Bupati Bombana. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: