Eksplorasi PT Inco Dihentikan

Kendari Ekspres 2009-08-13/Halaman Utama

Lasusua, – Eksplorasi yang dilakukan PT.. Inco di Desa Puncak Monapa Kecamatan Lasusua dan di Desa Latou Kecamatan Tolala Kabupaten Kolaka Utara di hentikan. Penghentian eksplorasi tersebut dilakukan oleh pihak PT. Inco sendiri sejak bulan April 2009 lalu.

Hal itu diungkapkan Director Of Pomalaa Bahadopi Project PT. Inco, Ir. Kuyung J. Andrawina saat menghadiri peresmian Gedung RSUD H.M. Djafar Harun Kolaka Utara, Selasa (11/8).

Dikatakannya, proses eksplorasi yang dilakukan di Lasusua dan Tolala ini untuk sementara waktu dihentikan, hal itu dilakukan menyusul terjadinya krisis global yang mengakibatkan harga nikel turun drastis.

Sehingga PT. Inco memilih untuk menunda eksplorasi tersebut sambil menunggu harga nikel stabil kembali.   

Penghentian eksplorasi ini dilakukan di beberapa Kabupaten di Provinsi Sultra, “Ini semua dilakukan untuk mengatasi krisis global,”kata Kuyung.

Jika eksplorasi tetap dilanjukan dan krisis global masih terjadi maka perusahaan mengalami kerugian yang sangat besar, karena harga nikel terus menurun “Kami tetap akan melanjutkan esplorasi tersebut setelah krisis global berlalu,”ujar Kuyung.

Meski PT. Inco menghentikan eksplorasi di Kolaka Utara, lanjut Kuyung, namun komitmen untuk membantu Kolaka Utara khususnya di bidang kesehatan dalam hal ini pembangunan RSUD H.M. Djafar Harun Kolaka Utara tetap akan dilaksanakan, begitu pula dengan di Kabupaten lain sesui dengan komitmen dalam kontrak karya antara PT. Indo dan pemerintah daerah setempat.

“Inco akan selalu berusaha semaksimal mungkin dalam membantu semua Kabupaten di Sultra tempat Inco melakukan eksplorasi maupun eksploitasi,”tuturnya.

Eksplorasi yang dilakukan PT. Inco di Kolaka Utara kurang lebih 10 tahun lamanya, untuk di Desa Latuo dimulai sejak tahun 1999 dan eksplorasi di Lasusua tahun 2007 hingga saat ini.

Bantuan PT. Inco yang salurkan tahun 2009 ini di Provinsi Sultra sebesar Rp. 14,2 Milyar dan tahun 2008 hanya 8,5 Milyar. Bantuan ini dibagikan ntuk semua Kabupaten di Sultra, seperti di Kabupaten Konawe Selatan bantuan yang diberikan Rp 1,5 Milyar untuk pembanguan sekolah dan Kampus USN Kolaka Rp. 1 Milyar.

“Yang pastinya komitmen PT. Inco dalam membantu daerah akan direalisasikan sesuai permintaan daerah,”jelasnya.

Terdapat tiga hal penting yang menjadi prioritas PT. Inco dalam memberikan bantuan kepada masyarakat di Sultra, masing-masing, pendidikan, kesehatan dan kewirausahaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: