Dua Investor "Dulang" 30 Kilogram Emas

Hasil Produksi Selama Tiga Bulan

2009-08-11/Bumi Anoa Halaman 6

Kasipute– Bombana kota yang selalu diincar para investor, pasalnya selain memiliki kadar emas tambang yang cukup tinggi hingga 90 persen, kawasan tersebut juga memiliki deposito emas yang banyak.

Seperti dua investor sebelumnya, PT Panca Logam dan PT Tiran Indonesia yang sudah menikmati sumber daya alam daerah tersebut.

Semala mengelolah emas, di daerah itu kedua investor ini total telah mengumpulkan sekitar 30 kilogram emas.

Berdasarkan laporan yang masuk ke Dinas Pertambangan dan Energi Bombana, PT Panca Logam Makmur telah memproduksi 27 kilogram emas, sedangkan PT TIran Indonesia mendulang hingga hasil 3,1 kilogram.Kadistamben Bombana, Ir Cecep Trinajayadi  mengakui hal tersebut.

Katanya, puluhan kilogram emas yang didapat kedua perusahaan tersebut merupakan  hasil produksi selama tiga bulan terakhir,terhitung mulai April hingga Juni lalu.

Hasil produksi emas yang didapat dua investor tersebut juga dibenarkan oleh Ismal, Kepala Seksi Pengembangan pada instansi terknis tersebut.

Ia mengungkapkan, PT Panca Logam Makmur merupakan investor yang menuai hasil produksi terbanyak.

Untuk bulan April lalu berhasil memeproduksi sekitar 6.091.58 kilogram emas. Dengan hasil itu, PT Panca Logam mendapatkan total nilai produksi sebesar Rp 1.644.726.600 dengan asumsi, harga jual per 30     April sebesar Rp 270 ribu per gram.

Dibulan Mei, Panca Logam mendapatkan hasil produksi emas sebanyak 17.041.40 kilogram. Total nilai produksi saat ini sebesar Rp. 4.805.674.800 dengan harga jual per 31 Mei Rp 282 ribu. Sedangkan di Bulan Juni, total hasil produksi perusahaan ini menurun menjadi 4.340 kilo dengan nilai total produksi Rp 30 Juni Rp 274 ribu.

Ismal juga menambahkan, PT Tiran Indonesia juga merupakan salah satu investor yang sudah menikmati emas Bombana. Selama tiga bulan berproduksi, investor asal Sul Sel yang mengolah emas di Desa Tahi Ite ini mengumpulkan emas sebanyak 3,1 kilogram.

“Dari total hasil produksi ini, mereka harus membayar royalti sebesar 3,75 persen untuk langsung disetor ke negara”ungkapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: