Pengembangan Bibit Rumput Laut Diharapkan Bernilai Tambah

2009-08-10/Hal 7 Daerah

Pasarwajo– H LM Syafei Kahar Bupati Buton Jumat (7/8), dalam acara tatap muka dengan petani rumput laut dan BPTT di desa One Waara Kecamatan Lakudo menyatakan, keberadaan kebun bibit rumput laut di desa Waara dan Desa One Waara diharapkan dapat memberi nilai tambah kepada masyarakat.

Untuk itu, kebersihan, dan kualitas bibit rumpu laut dapat etrjaga dengan baik.

“Saya kira kebun bibit ini dapt salah satu solusi untuk kesejahteraan masyarakat sehingga kebersihan dan kualitas bibit rumput laut dapat terus dijaga dengan baik”, unkapnya.

Pihaknya juga memberi apreasiasi kepada BPTT yang telah memilih Kabupaten Buton khususnya desa Waara dan One Waara sebagai salah pilot porject pengemabngan bibit rumput laut dengan kualitas terbaik sehingga mampu memberi suplay daerah sekitarnya termasuk Kota Baubau.

Menurut ia, bibit lokal dan bibit dariluar dikembangkan secara bersamaan sehingga penghasilan masyarakat meningkat karena dapat dipanen beberapa kali.

Hal serupa juga dikatakan H Lutfi Hasmar, Kepala Balitbang Buton, akan terus memantau perkembangan kebun bibit rumput laut sehingga menjadi sentra bibit rumput laut di desa One Waara dan Desa Waara.

“Kebun bibit ini terbukti telah memberi nilai tambah kepada masyarakat sehingga ini harus menjadi perhatian kita termasuk pemantauan sehingga prosesnya sesuai langkah-langkah yang dikembangkannya BPTT,” jelasnya.

Sementara itu, Ir Achmad Zatnika Ketua Tim BPPT mengungkapkan, lokasi kebun bibit rumput laut di desa One Waara dan Desa Waara merupakan lokasi yang sangat strategis serta memiliki keseimbangan air dan kadar garam sehingga perkembangan bibit rumput laut berjalan sempurna.

“Kualitas bibit lokal dan bibit Bali tidak jauh beda namun hasil produknya saling mendukung apalagi dari segi lokasi pembibitan kondisi alamnya sangat mendukung”, katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: