Gubernur Akan Bahas Emas Bombana Dengan Muspida

2009-08-10/Hal 6 Ibukota

Kendari– Kompleknya permasalahan dilokasi tambang emas Bombana menjadi salah satu fokus perhatian Gubernur Sultra, Nur Alam. Terkait dengan hal tersebut Gubernur akan kembali rapat unsur Muspida Sultra dalam waktu dekat.

Kata Nur Alam, di Rujab bahwa seluruh unsur Muspida akan kembali melakukan rapat untuk mengkaji kebijakan lokasi tambang dari penambangan rakyat.

Menurutnua, rapat Muspida tersebut, untuk mengindetifikasi masalah yang timbul di kawasan pertambangan. Menghilangkan akses negatif terhadap kondisi keamanan dari ketertiban, sosial, kesehatan dan juga dalam rangka penertiban kawasan hutan hingga mengiliminir saling klaim lahan antara warga dengan perusahaan pemilik Kuasa Pertambangan (KP) baik KP peninjauan umum dan KP eksplorasi.

Nur Alam menjelaskan, rapat Muspida terakhir yang dilaksanakan untuk membahas kompleksitas permasalahan ditambang emas tersebut.

Termasuk solusinya, pertengahan Juni lalu ketika itu menghasilkan keputusan pengosongan lokasi tambang paling lambat 6 Juli atau tiga hari sebelum Pilpres.

“Sejak saat itu, tidak ada lagi rapat unsur Muspida dilakukan”, ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, hal tersebut untuk meluruskan pemberitaan beberapa waktu lalu itu beberapa media bahwa rapat unsur Muspida membahas masalah tambang emas Bombana dan dipimpin oleh Wagub, Saleh Lasata.

Katanya, ketentuan rapat unsur Muspida itu adalh bila rapat tersebut diikuti oleh Gubernur, Kapolda, Kajati, Danrem, Danlanal, Danlanud, Wagub, Sekda, Ketua Pengadilan Tinggi, dan instansi terkait.

“Rapat yang dipimpin Wagub itu adalah rapat internal dengan satgas-satgas masing-masing instansi terkait dan hasilnya dilaporkan ke saya.

Insya Allah jika kesibukan kita menjelang Dirgahayu Kemerdekaan selesai, kita akan melaksanakan rapat Muspida, ungkapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: