Cuaca Buruk, Nelayan tak Melaut

Kendari Ekspres 2009-08-07/Kota Ekspres Hal 8

* Cuaca Jelek Sudah Berlangsung Seminggu

Kendari- Saat ini di sepanjang deretan Baypass Kota Kendari tampak jejeran perahu nelayan sedang berlabuh atau parkir tak melaut. Ical salah seorang nelayan saat mengamankan barang-barang berharga berupa peralatan kapal yang akan dibawa pulang, Kamis (6/8) mengungkapkan, bahwa dirinya dan para nelayan lainnya sudah seminggu tidak turun melaut mencari ikan, disebabkan cuaca sangat buruk di luar selat.

“Kita tidak berani keluar melaut, karena ombaknya besar diluar sana” kata Ical sambil mengacungkan jarinya kearah selat. “Nanti 18 bulan dilangit, baru kita turun melaut lagi dan diperkirakan sekitar dua atau tiga minggu dari sekarang,” papar Ical.

“Sambil menunggu cuaca baik dan ombak reda, saat ini kami melakukan perbaikan pada kapal berupa peralatan penangkapan ikan, mesin kapal, badan kapal dan peralatan lainnya.

Kondisi kapal sangat penting saat ini diistirahatkan sambil menunggu cuaca baik. Yah kurang lebih sebulan lamanya,” tambahnya lagi.

Icalpun menjelaskan akibat tidak melautnya para nelayan untuk mencari ikan, dapat mempengaruhi ketersediaan ikan dipasaran dan harganyapun akan mengalami kenaikan dibandingkan hari-hari biasanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: