10 Titik Semburan Gas di Rumah Warga

Kompas 2009-08-07/Nusantara hal 22

Sidoarjo – Sebanyak 10 titik semburan gas metana muncul dalam rumah Slamet Riyadi (56) di Desa Pamotan, Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (6/8).

Bila disulut api, gas melalui rekahan tanah itu langsung terbakar. Pada hari yang sama, di rumah Sudarmanto (31), sekitar 50 meter dari rumah Slamet, muncul semburan lumpur di dapur.

Menurut Slamet, keluarnya semburan gas metana itu berbarengan dengan retaknya lantai keramik dan dinding tiga kamar rumah. Gelembung gas juga keluar dari dalam sumur miliknya.

”Bila disulut korek api, gas itu langsung terbakar dan dada langsung sesak bila menghirup gas. Air sumur pun berubah keruh sejak keluarnya gelembung gas,” tutur Slamet, Kamis.

Karena kondisinya mengkhawatirkan, seluruh perabotan di dalam kamar rumah itu langsung diungsikan untuk menghindari kebakaran. Hingga saat ini, belum ada penanganan dari Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) atas munculnya semburan gas dari rekahan tanah di rumah Slamet

Sementara itu, di rumah Sudarmanto, semburan lumpur melalui sumur bor menggenangi lantai rumah. Namun, empat jam kemudian, semburan berhenti dengan sendirinya.

Menurut Kepala Divisi Gas pada BPLS, Dodie Irmawan, sejauh ini terdapat 123 titik semburan gas yang berada di luar peta terdampak lumpur Lapindo. Ada kecenderungan muncul semburan gas baru ke arah barat dari pusat semburan Lapindo.

”Untuk semburan gas yang keluar dari rekahan tanah, kami harus mengakui memang sulit diatasi. Apabila ditutup dengan cor-coran semen, kami khawatir akan muncul semburan melalui lubang atau rekahan baru. Itu akan sia-sia saja,” katanya.

Buka ventilasi

Menghadapi semburan gas itu, Dodie mengimbau warga untuk membuka seluruh lubang ventilasi rumah. Selain itu, warga hendaknya tidak menyalakan api di dekat semburan karena sangat rawan terjadi kebakaran.

Ketua Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Djaja Laksana menambahkan, semburan gas di luar peta terdampak lumpur bisa dicegah bila semburan lumpur dihentikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: