Masyarakat Wiwirano Nikmati Hasil Panen Kelapa Sawit

Kendari Ekspres 2009-08-06/Sultra Raya Hal 16

Andoolo – Keriunduan sebagian warga Konawe Selatan dan Bombana untuk menikmati jalan mulus segera terobati.

Kemarin, Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam meresmikan pengaspalan jalan Tinanggea-Kasipute sepanjang 33,75 kilo meter melintasi Taman Nasional Rawa Aopa Watumuhae (TNRAW).

Anggaran proyek peningkatan jalan nasional tersebut sebesar Rp 115,7 milyar. Merupakan dana loan, kerjasama Indonesia dengan Australia. Dana pinjaman yang ditanggung oleh pemerintah pusat pengembaliannya. Peningkatan jalan itu akan dilanjutkan dari Kasipute hingga Bambaeya (jalan terusan ke Kolaka).    

“Perbaikan jalan akan dilakukan secara menyeluruh di semua wilayah, realisasinya secara bertahap, pelan-pelan,”  kata Nur Alam, kemarin.

Peningkatan jalan juga berlaku terhadap jalan-jalan provinsi. Seperti halnya di wilayah Konawe Selatan, antara Alangga hingga Tinanggea. Jalan utama dan merupakan jalur perekonomian Konawe Selatan menuju Kota Kendari. Kurang lebih sepanjang 20 km. 

“Mulusnya jalan menjadi beban moral, nanti saya diketawain masyarakat kalau tidak selesai perbaikan jalan,” kata Gubernur.

Program sara jalan cukup banyak direncanakan untuk implementasi 2010-2011, diantarnya jembatan Baubau-Buton Utara, jembatan Teluk Kendari, dan peningkatan jalan di Baubau dan Kabupaten Muna serta jalan dan jembatan lainnya.

“Semua ini untuk memudahkan jalur transportasi dan membuka keterisolasian antar wilayah,” kata Nur Alam, yang diaminkan Kepala Dinas PU Sultra, Dody P Jalante.

Hadir dalam acara peresmian peningkatan jalan adalah Bupati Konawe Selatan, Wakil Bupati Konawe Selatan, para SKPD, Kapolres Konawe Selatan dan Kapolres Bombana, para kepala desa di Tanggea dan Kasipute, para Muspida lainnya (pihak Kejaksaan, dan TNI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: