Kapal Sail Mulai Berdatangan di Wakatobi

Media Sultra 2009-08-05/Halamn 7 Daerah

Kendari– Berdasarkan hasil informasi yang diperoleh dari Hugua Bupati Wakatobi, menyatakan rombongan kapal mewah dari berbagai negara mulai berdatangan sejak Senin pagi (3/8). Mereka berasal dari sejumlah negara Eropa seperti Inggris, Prancis, dan Italia.

Menurut Hugua, rombongan kapal sail tersebut harusnya bertolak ke Bunaken untuk mengikuti event Bitung, Manado yang akan berlangsung 12-19 Agustus nanti.

“Kami juga tidak menyangka mereka langsung ke Wakatobi, karena sesuai jadwal kedatangan kapal Sail tanggal 26 Agusutus”, ungkapnya.

Jumlah kapal sail yang akan datang di Wakatobi di pastikan akan terus bertambah. Menurut ia, ada sekitar 158 kapal Sail yang menyatakan keinginannya datang ke Wakatobi.

Kedatangan kapal-kapal tersebut setidaknya memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakat Wakatobi khususnya bagi pemilik hotel, rumah makan, dan pedagang. Selain itu, juga sebagai ajang promosi budaya, dan wisata Wakatobi.

“Bayangkan saja daalm satu kapal rata-rata dihitung minimal 5 orang, berarti ada sekitar 785 orang. Kalau mereka ini nanti kembali di negara mereka masing-masing dan menceritakan keindahan alam yang kita miliki, maka saya yakin gaung Wakatobi di luar negeri akan semakin besar”, kata Hugua.

Sail merupakan kapal layar beriang tinggi dengan ukuran yang sangat ramping. Kapal ini lebih familiar disebut kapal pesiar. Meski ukurannya kecil, namun kapal mewah ini memiliki fasilitas yang tak kalah mewahnya dengan hotel berbintang.

Kapal ini di desain khusus dengan hotel berbintang. Kapal ini dideain khusus dengan dukungan fasilitas kamr tidur, runag belajar, dan ruang keluarga yang snagat nyaman dan tidak menjenuhkan. Harga kapal ini cukup tinggi yakni rata-rata 9-60 US$per unit.

“Di dalam kapal naka-anak mereka ternyata belajar seperti layaknya di sekolah. Anak-anak ini mengikuti materi pelajaran yang diajarkan langsung oleh gurunya. Kapal ini snagat luar biasa dan saya kira semua orang mendambahkannya”, ungkapnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: