Puluhan Kubik Kayu Milik Yusuf ‘Dilepas’

Kendari Ekspres 2009-08-04/Halaman 16 Sultra Raya

* Sempat Diamankan Polisi

Unaaha,Kepres – Polres Konawe dalam sebuah operasi di pelabuhan sungai Desa Anggopiu, Kecamatan Uepai, Sabtu (1/8) berhasil mengamankan puluhan kubik kayu milik salah satu pengusaha kayu di Kab Konawe, Yusuf.

Kayu sejumlah 38,5 kubik yang terdiri dari kayu rimba campuran itu terpaksa diamankan pihak kepolisian karena saat di Tempat Kejadian Perkara (TKP), karyawan pengangkut kayu yang sedang beraktifitas di TKP tidak mampu menunjukkan dokumen pengusahaan kayu tersebut.

Namun setelah pemilik kayu, Yusuf menjalani pemeriksaan dari Tipiter Reskrim Polres Konawe,mampu menunjukkan dokumen kayu yang diminta pihak kepolisian dan pihak kepolisian pun menyimpulkan bahwa kayu yang dikelola Yusuf adalah sah alias legal.

Hal itu dibenarkan oleh Kanit III Tipiter Polres KOnawe, Bripka I Nyoman Sudarmawan dalam pernyataan persnya, Senin (3/8) kemarin dimana pemilik kayu, Yusuf turut hadir dalam jumpa pers tersebut .

“Setelah kami lakukan pemeriksaan, kayu tersebut (milik Yusuf_red) telah memiliki dokumen kayu yang syah dan legal,”ungkap Sudarmawan.

Dokumen dimaksud sebut dia adalah Faktur Angkutan Kayu Olahan (FA-KO), kemudian surat persetujuan mengeluarkan sisa stock kayu rimba produksi perpanjangan IPKHH, Laporan Hasil Produksi (LHP) dan Bukti pembayaran retribusi. Demikian pula dengan Tempat Penampungan Kayu (TPK) milik Yusuf, juga memiliki surat izin yang resmi dari instansi terkait.

“Kemarin, masyarakat kira TPK itu (milik Yusuf _red) illegal karena masyarakat tidak tahu surat-surat apa yang harus dimiliki dalam pengangkutan dan mereka melaporkannya kepada kami, ternyata setelah diperiksa izinnya ada lengkap dengan nomor TPK nya,”terang Sudarmawan.

Pihak kepolisian juga membantah jika pemeriksaan terhadap Yusuf merupakan kasus salah tangkap.

“Dalam hal ini polisi tidak salah tangkap karena kami punya hak satu kali 24 jam untukmelakukan pemeriksaan apakah kegiatan tersebut mengandung unsure pelanggaran atau tida. Kalau melanggarn kita tinggkatkan ke penyidikan tapi kalau tidak melanggar ya kita kembalikan atau dilepas,”jelasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: