Banyak Ruko Langgar Garis Sempadan

Kendari Ekspres 2009-07-31/Halaman  8 Kota Ekspres

Kendari– Selain banyak yang tidak memiliki amdal, ruko-ruko yang berjejer sepanjang jalan di Kota Kendari ternyata banyak yang melanggar garis sempadan (garis batas luar jalan dan bangunan).

Tengok saja, beberapa bangunan ruko yang ada di wilayah Anduonohu, menurut salah satu anggota DPRD Kota Kenadri, Haskar Hafid menyebutkan, letak ruko-ruko yang disana sudah mirip gergaji. Ada maju di depan, ada juga yang mundur sekali ke belakang, sehingga kelihatan dari samping seperti model gergaji.

Begitu pun yang terlihat sepanjang ruas jalan Wua-Wua. Wajar jika sering terjadi kemacetan di wilayah sana karena jarak anatara ruko dengan badan jalan sangat mepet sekali.

Sejatinya, jika merujuk ke aturan garis sempadan, ruas jalan dengan bangunan idealnya 25 meter.

“Ini luput dari perhatian pemerintah kota selama ini. Terus menerbitkan IMB tanpa memperhatikan keterbitan bangunan. Percuma ada aturan garis sempadan tapi terus diabaikan”, kata Haskar Hafid mengingatkan Dinas Tata Ruang Kota supaya segera melakukan penertiban terhadap ruko-ruko yang dinilai telah melanggar garis sempadan saat rapat pembahasan perhitungan dengan SKPD-SKPD di kantor DPRD Kota Kendari, kemarin (30/7).

Menanggapi hal itu, Kadis Tata Ruang Kota Kendari, A Adam Patawari melakukan pembelaan diri. Menurutnya, saat ini belum bisa dilakukan penertiban karena belum ada hasil revisi tata ruang kota yang pasti sebab tengah dilakukan perbaikan.

“Kami juga sedang menunggu hasil revisi tata tuang” katanya.

Selain bangunan ruko, DPRD juga menyoroti timbunan di belakang kafe Dunia Bintang. Timbunan yang ada di sana juga dinilai menyalahi aturan garis sempadan sungai. Akibat timbunan, bibir sungai mulai mengalami penyempitan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: