Coremap Buton Tangani 8 Kasus Pengrusakan Lingkungan Laut

Media Sultra 2009-07-29/Daerah Hal 7

Baubau– Coral Reef Rehabilition and Management Program (Coremap) II Buton melalui Tim Monitoring Controlling and Surveillance (MCS) terus siaga dan melakukan pengawasan di perairan Kabupaten Buton.

Sejak tahun 2007 hingga sekarang tim MCS telah berhasil menangani delapan kasus pengrusakan lingkungan laut berupa pemboman dan perairan ikan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PKK) Coremap II Buton, Abdul Rahim SE M.Si, ditemui di ruang kerjanya kepada pengawasan laut. Setiap melakukan pengawasan, MCS Coremap Buton, Dinas Kelautan dan Perikanan, berkolaborasi dengan angkatan laut, dan Pol Air Baubau.

“Fokus pengawasan MCS adalah pengelolaan pesisir dan laut yang tidak ramah lingkungan. Misalnya mengawasi dan mengamankan oknum yang menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak maupun bius. Pelaku pemboman maupun peracunan ikan makin berkurang. Tahun 2007-2099 ini, MCS hanya menemukan delapan kasus pemboman dan peracunan ikan,” ujarnya.

Abdul Rahim mengakui, hal yang membuat bangga, kasus terakhir di Mawasangka bberapa waktu lau, ditemukan atas partisipasi dan kerjasama masyakat setempat.

Dimana yang berhasil mengamankan pelaku pemboman ikan adalah masyarakat Mawasangka. Setelah diselidiki, ternyata pelaku bukan warga Buton, melainkan berasal dari Kabupaten lain dalam propinsi Sultra.

“Ini menunjukkan, keberhasilan program Coremap II Buton sudah mulai nampak di masyarakat. Kini, kesadaran masyaraakt tentang pentingnya pengelolaan pesisir dan laut yang berwawasan lingkungan sudah terlihat”, jelasnya.

Kerja keras MCS Coremap II Buton dalam upaya pengawasan terhadap pengrusakan lingkungan dan laut di perairan Kabupaten Buton, lanjut Abdul Rahim, telah mendapat predikat pilot project yang paling berhasil banding daerah lain se-Indonesia.

“Atas prestasi pengawasan yang telah diterehkan, kami sekalu mendapat pujian dari Coremap II pusat. Hal itu membuat kami berbangga diri, namun menjadikan sebuah tantangan baru yang harus dijawab. Pengawaan terhadap pengrusakan lingkungan laut, terus kami tingkatkan”, tutupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: