Hujan Masih Berpeluang Turun

Kompas 2009-07-28/E-paper: Metropolitan hal 26

Jakarta- Hujan di tengah musim kemarau diprediksi masih akan terus terjadi. Menurut Kepala Sub-Bidang Informasi Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Hary Tirto Djatmiko, Senin (27/7), kondisi ini terjadi karena kelembaban yang cukup tinggi di sebagian kawasan di Pulau Jawa, termasuk Jawa bagian barat.

”Sampai tiga hari ke depan memang hujan masih berpeluang mengguyur Jakarta dan sekitarnya, khususnya Jabodetabek bagian selatan,” kata Hary.

Beberapa kawasan diprediksi mendapat curahan hujan intensitas ringan (kurang dari 20 milimeter per hari) hingga sedang (20-50 milimeter per hari), yaitu Bekasi bagian selatan, Tangerang bagian selatan, Bogor, Jakarta Selatan, serta sebagian Jakarta Barat dan Jakarta Timur.

Hary menambahkan, turunnya hujan rata-rata terjadi pada siang hingga malam hari. Hujan tidak akan terjadi merata seperti yang biasa terjadi saat musim hujan atau saat peralihan ke musim kemarau pada Mei lalu. Lama waktu turun hujan pun singkat.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan pada Selasa ini hingga Kamis (30/7) tidak akan turun selebat akhir pekan lalu. Sabtu pekan lalu sebagian wilayah Jakarta basah dan banjir karena diguyur hujan lebat disertai angin kencang.

Bahkan, di beberapa wilayah, seperti kawasan Ciledug, Tangerang, masyarakat dikagetkan dengan berjatuhannya bongkahan- bongkahan es di antara curahan hujan.

Hary menambahkan, hujan es bukan tanda-tanda cuaca ekstrem, melainkan hanya fenomena lokal. Hingga Senin malam, BMKG memastikan bahwa musim kemarau yang terjadi wilayah Jakarta masih normal.

”Pada Juli ini suhu maksimum 33-34 derajat celsius. Sementara suhu minimumnya 23-25 derajat celsius,” kata Hary.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: