"Bibit Konflik di Bombana Harus Dieliminir"

Kendari Ekspres 2009-07-28/Sultra Raya Hal 16

Oleh: Abd Hasan Mbou

Kendari–Anggota DPRD Sultra, Abd Hasan Mbou SSos mengharapkan agar kasus penembakan di Bombana beberapa waltu lalu tidak terulang lagi dan pelaku-pelakunya diharapkan untuk diproses secara hukum.

Selain itu, ia juga meminta kepada semua pihak untuk menahan diri dan tidak terprovokasi sehingga bibit perpecahan bisa dieliminir.

“Saya selaku anggota dewan mengharapkan agar persoalan tambang di Bombana diselesaikan dengan cara-cara manusiawi sehingga tidak menimbulkan potensi konflik, karena kedamaian, ketentraman tidak bisa dinilai dengan materi,” katanya kemarin.

Pada kesempatan itu, ketua MPW Pemuda Pancasila Sultra tersebut mengharapkan agar keberadaan aparat penegak hukum dilokasi tambang tidak membuat masyarakat menjadi takut dan tidak dijadikan alat pihak-pihak tertentu.

“Aparat itu ada untuk mengayomi dan melindungi masyarakat. Nah kalau keberadaannya justru membuat takut masyarakat, pada siapa masyarakat akan berlindung? Jadi sebaiknya aparat bisa bekerja lebih baik lagi dengan mengedepankan cara-cara yang rasionalitas dan bijaksana,” katanya lagi.

Selain menyoroti tindakan refresif oleh aparat dilokasi tambang, ketua DPW Partai Patriot Sultra itu juga menyoroti pernyataan pihak PT Panca Logam yang mengatakan bahwa PT Panca Logam mengalami kerugian hingga Rp 1 Milyar akibat penyerbuan di markas perusahaan.

Menurutnya, apapun alasannya penembakan warga itu tidak bisa ditolelir dan harus diprioses sesuai hukum. “Nyawa manusia tidak bisa dinilai dengan materi berapapun jumlahnya,” katanya.

Untuk menindaklanjuti persoalan penembakan itu, Abd Hasan Mbou berjanji dalam waktu dekat akan meminta kepada pimpinan DPRD untuk membentuk tim yang akan diturunkan ke lokasi guna mencari informasi lengkap terkait dengan penembakan itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: