Tak Punya Izin Angkut BBM

Kendari Pos 2009-07-27/Bumi Anoa hal 6

Penambang Bombana Termasuk Perusahaan

Kasipute–  Selama ini penambang di Bombana, termasuk perusahaan yang mendapat restu Pemkab Bombana menggunakan mesin yang membutuhkan BBM. Bahan bakar itu dipastikan diperoleh dari Kendari.

Untuk melakukan pengangkutan ke Bombana, harus memiliki izin dari dDistamben Sultra, karena lintas kabupaten/kota. Tapi, kenyataannya mereka tidak memiliki izin dimaksud.

Untuk itu, Distamben Sultra akan bersurat ke Pemkab Bombana termasuk pihak pengamanan yaitu Polda Sultra dan Polres Bombana.

Dalam rapat internal yang dipimpin Kepala Dinas Pertambangan (Distamben) Sultra, Hakku Wahab, dikantor Distamben pekan lalu, memutuskan bahwa para penambang itu harus memiliki izin dari provinsi, terkait anggutan BBM, baik itu solar maupun bensin.

“Meskipun BBM industri, tapi mereka harus memiliki izin pengangkutan”, ungkap Hamka mengutip pernyataan dari Keplaa Distamben Sultra dalam rapat gelar.

Menurut Ia, sesuai PP No. 38 tahun 2007 tentang pengawasan BBM, mereka harus dipenuhi dulu persyaratannya, yaitu memiliki izin angkut.

Namun sampai saat ini tak satu pun penambang memiliki izin tersebut. PT Tiram dan PT Panca Logam Makmur meskipun kedua perusahaan ini telah memiliki izin dari Pemkab Bombana.

“Untuk itu secara tertulis akan bersurat ke Pemkab Bombana, Polda Sultra, dan Polres Bombana”, ungkapnya.

Penambangan sudah lama berlangsung kenapa Distamben baru bersuara sekarang? Masalah penggunaan BBM ini pun diketahui setelah pihak keamanan mempertanyakan penggunaan BBM para penambang ke Distamben.

Padahal, Pertamina berpandangan bahwa pengangkutan BBM industri bisa dilakukan siapa pun, kecuali BBM bersubsidi.

“Sesuai aturan pemerintah meskipun itu BBM industri kalau dilakukan dari daerah lain harus punya izin harus dipertegas oleh pihak keamanan dalam melakukan penertiban” , tambahnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: