Percetakan Sawah di Desa Lareta Terbengkalai

Media Sultra 2009-07-27/Daerah: Hal 7

Bombana– Abady Makmur Anggota DPRD Bombana, mengaku hasil investigasi yang dilakukann desa Larete, Kecamatan Poleang Tenggara, dan laporan petani setempat, menemukan banyak penyimpangan diantaranya luas areal persawahan yang direalisasikan hanya sekitar 7 hektare dari target 25 hektare.

Untuk itu, ia meminta aparat kepolisian agar segera mengusut dugaan penyelewengan anggaran bantuan program ekstensikasi pertanian di Kabupaten Bombana.

Menurut ia, dalam investigasi yang dilakukan juga ditemukan kondisi lahan yang telah kerjakan tidak layak dipakai bersawah. Padahal pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 190 juta. Dana tersebut diperuntukkan percetakan sawah, pengadaan bibit dan pembuatan irigasi.

Karena itu, Ia meminta pelaksana proyek tersebut dapat bertanggungjawab atas penyimpangan proyek pertanian di pedesaan.

Kepala Bidang Pertanian Kabupaten Bombana, Isnain yang dikonfirmasikan terkait penyimpangan proyek tersebut menyatakan, pihaknya telah memberitahukan penanggungjawab proyek percetakan sawah di Dusun Rambaha Desa Larete akan segera merealisasikan pekerjaan sesuai volume yang ditentukan.

Dijelaskan, dari anggaran tersebut biaya pekerjaan per hektar ditentukan RP 5 juta agar bisa diselesaikan. Dengan demikian kalau tidak tercapai sisa anggaran harus dikembalikan.

Dalam kasus ini, Abady secara tegas menyatakan, pihaknya akan melaporkan kepada Polres Bombana untuk menelusuri kerugian anggaran dari proyek itu, jika bertanggung jawab.

“Saya pasti, bawa masalah ini ke Polres Bombana, kalau pengelolanya tidak secara mewujudkan proyek itu”, ancamnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: