Penambangan Emas Bombana Rugikan Daerah Rp 185 Milyar

Kendari Ekspres 2009-07-27/Kota Ekspres Hal 8

Kendari– Sejak tambang emas Bombana ditemukan, sampai dilakukan penambangan rakyat, baik legal maupun penambang liar, ternyata Sulawesi Tenggra sudah rugi sebesar Rp 185 Milyar.

Dana ini dihitung dari hasil emas yang di ambil para penambang emas, baik lokal maupun penambang dari luar daerah Sulawesi Tenggara.

“Kita sudah rugi sekitar Rp 185 Milyar rupiah. Dana sebesar ini, berdasarkan hitungan di atas kertas pendapatan negara bukan pajak,” ujar Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Sultra Ir Hakku Wahab, Jumat (24/7).

Menurut Hakku, anggka ini sebenarnya bisa lebih besar jika dihitung dengan pendapatan dari pajak, tetapi sampai akhir Juni 2009, kata Hakku, tak sepeserpun dana pajak masuk ke kas daerah.

Pertambangan di Bombana lanjut Hakku Wahab, tidak ada nilai positifnya. “Seharusnya, ditemukannya tambang emas Bombana bisa menguntungkan daerah, tetapi buktinya, tak satu pun daerah menikmati bahkan dari pajak sekalipun, tak berpihak kepada daerah” jelasnya.

Membeberkan kerugian daerah ini menurut pengungkapan Hakku Wahab, bukan menjelek-jelekan Pemda setempat, tetapi hanya sebatas mengingatkan. Buat apa mengatakan kaya dengan sumber daya alam yang melimpah, tetapi hasilnya tidak dinikmati masyarakat.

“Ini adalah pelajaran buat semua Pemda. Meski Pemprov tak punya kewenangan langsung mengurus rumah tangga pemerintah daerah dalam era otonomi saat ini.

Tetapi Pemprov juga wajib melakukan koordinasi dengan Pemda, bagaimana secara bersama-sama memberikan yang terbaik buat masyarakat,” tambahnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: