4 Banteng Hutan Lindung Masuk Perkampungan

Kompas 2009-07-27/E-Paper: Nusantara hal 23

Jember – Empat banteng liar yang berasal dari hutan lindung di wilayah Perum Perhutani masuk ke perkampungan penduduk di Desa Kesilir, Kecamatan Wuluhan, Jember, Jawa Timur, Sabtu (25/7).

”Binatang yang sudah meninggalkan habitatnya itu kemungkinan stres dan berusaha menyelamatkan diri dengan cara lari ke mana-mana,” kata Sumarsono, Kepala Tata Usaha Taman Nasional Meru Betiri Jember.

Informasi yang diperoleh Kompas, keempat banteng itu diduga berasal dari kawasan hutan lindung di Dusun Grintingan di wilayah Perum Perhutani Jember. Jumat lalu sekitar pukul 16.00, banteng soliter itu masuk ke perkampungan.

Warga kemudian menghalau binatang-binatang itu, berupaya agar keempat banteng itu tidak masuk lebih jauh ke dalam perkampungan.

Tiga banteng berhasil dihalau kembali ke hutan lindung di selatan perkampungan. Namun, sehari kemudian seekor banteng jantan kembali dan masuk ke perkampungan yang sama.

Warga lagi-lagi berupaya menghalau binatang itu. Namun, kali ini banteng jantan tersebut bertahan, bahkan sampai melukai tiga warga. Mereka adalah Boiman (45), Suyit (37), dan Samsuri (40), warga Desa Kesilir, Kecamatan Wuluhan. Mereka mengalami lecet-lecet di beberapa bagian tubuh.

Belum tahu

Sumarsono mengaku belum tahu persis penyebab keempat banteng tersebut meninggalkan habitatnya.

”Kalau hanya satu ekor, mungkin sudah dalam proses soliter. Artinya, mereka meninggalkan kerumunan karena tidak dikehendaki oleh kerumunannya,” katanya.

Namun, lanjut Sumarsono, ada empat ekor yang meninggalkan habitatnya di sekitar hutan lindung tersebut. Jika banteng-banteng itu mencari minum atau makan ke perkampungan, pada umumnya karena lingkungannya sudah sangat tidak mendukung untuk bertahan hidup.

”Kemungkinan lain, ada perburuan. Tapi, mungkinkah ada yang berani melakukan perburuan di daerah itu?” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: