Pemkab Buton Dukung Pemeliharaan Hutan Lambusango

Kendari Ekspres 2009-07-23/Baubau Ekspres: Hal 9

Pasarwajo—Pemerintah Kabupaten Buton sangat memberikan apresiasi dan dukungan dalam rangka pemeliharaan Hutan Lambusango dan sekitarnya yang saat ini menghadapi berbagai macam ancaman dantaranya kegiatan pembalakan liar, illegal loging dan perambahan  hutan yang dapat mengurangi sumber mata air yang telah memberikan manfaat bagi masyarakat Buton dan sekitarnya.

Ancaman yang tidak kalah pentingnya adalah musnahnya kekayaan hayati Hutan Lambusango secara perlahan. “Hutan Lambusango telah memberikan manfaat bagi sekitar 300 ribu masyarakat Kabupaten Buton dan Kota Bau-Bau yang tersebar di 14 kecamatan dan 132 desa.

Bahkan sejak tahun 1999 Hutan Lambusango menjadi penelitian Operation Wallacea (Perusahaan Ekspedisi Konservasi) yang dipimpin oleh Dr. Tim Coles.

Penelitian sekaligus ekowisata dilakukan pada bulan Juli hingga September setiap tahun,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Buton, LM Djafir, SH, MSi dalam sambutannya mewakili Bupati Buton dalam seminar sehari yang bertajuk Kebijakan Pemerintah Daerah terhadap Pengelolaan Sumber Daya Alam Hutan Lambusango yang diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Buton di Pasarwajo.

Untuk itu calon kuat Bupati Muna periode 2010-2015 ini menegaskan,Pemkab Buton menerapkan kebijakan dalam mendukung upaya pelestarian Hutan Lambusango melakukan kerjasama dengan Operation Wallacea dalam bentuk program konservasi Hutan Lambusango (PKHL) yang telah memberikan semangat pelestarian Hutan Lambusango.

Bentuk kerja sama tersebut antara lain, terbentuknya Forum Kemasyarakatan Lambusango (FHKL) sebagai mitra pemerintah yang berperan aktif dalam memperkuat kebijakan penatakelolaan hutan membangun pengamanan hutan berbasis masarakat.

Ketua panitia penyelenggara seminar yang juga Kabag SDA Kabupaten Buton Azis Sima S Sos M Si menegaskan, seminar sehari tersebut diikuti 60 orang dari unsur kejaksaan, kepolisian, pemerintah, Stakeholder dan tokoh masyarakat, yang bertujuan membangkitkan semangat akan pentingnya pelestarian hutan lambusango.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: