Newmont Kurangi Aktivitas Operasi

Kompas 2009-07-23/E-paper: Bisnis & Keuangan hal 18

Batu Hijau – PT Newmont Nusa Tenggara mengurangi aktivitas penambangan di Batu Hijau sampai 40 persen karena perpanjangan izin pinjam pakai kehutanan belum turun.

Jika izin tidak juga turun sampai akhir tahun ini, penurunan operasi pertambangan akan berdampak pada pengurangan pekerja.

General Manager Operation PT NNT Tambang Batu Hijau Darren Hall mengemukakan hal itu Rabu (22/7) di lokasi tambang Batu Hijau, Kabupaten Sumbawa Barat, sekitar 100 kilometer dari Mataram.

Operasional pengambilan material tambang dikurangi karena NNT belum mendapatkan perpanjangan izin pinjam pakai lahan hutan untuk menaruh batu buangan dari sisa material yang ditambang.

Saat ini tempat pembuangan di Tongolaka sudah penuh.

”Tambang ini dirancang untuk menggunakan 111 alat berat, tetapi sekarang aktivitas dikurangi jadi tinggal 90 alat berat. Sampai akhir tahun ini turun lagi jadi tinggal 70 unit,” kata Darren.

Wilayah kontrak karya PT NNT telah beberapa kali mengalami penciutan sesuai dengan ketentuan kontrak karya. Penciutan terakhir dilakukan tahun 2005.

Blok Batu Hijau adalah blok yang sudah produksi, sisanya masih tahap eksplorasi. Sesuai kontrak karya, PT NNT memiliki konsesi lahan pertambangan seluas 6.400 hektar sedangkan yang dibutuhkan untuk aktivitas pertambangan hanya 2.400 hektar.

Selama 10 tahun NNT beroperasi di Batu Hijau, luas lahan yang dibuka untuk tambang sudah mencapai 700 hektar, sedangkan untuk tempat pembuangan 450 hektar.

Jumlah pekerja di tambang Batu Hijau ada 4.000 orang, setengahnya terkait operasi tambang, 25 persen pengolahan, dan 25 persen pendukung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: