Kerugian PT Panca Logam Mencapai RP 1 Miliar

Media Sultra 2009-06-23/Ibukota: Hal 6

Kendari– Akibat insiden penyerbuan kantor PT Panca Logam Makmur oleh para pendulang tradisional Jumat pagi (18/7), perusahaan tersebut mengalami kerugian material hingga mencapai 1 milair lebih.

Hal itu diungkapkan Direktur PT Panca Logam Makmur, A Kurniawan kemarin (22/7). Menurut dia, dalam insiden itu tiga alat beratnya dibakar para pendulang dan mengalami kerusakan.

Akibatnya, kegiatan penambangan tidak maksimal seperti sebelumnya. “Tapi semua ini kami serahkan kepada aparat kepolisian dan kami harapkan situasi kembali kondusif.

Pada kesempatan itu pula, Lukman juga membantah kalau perusahaannya belum mengantongi izin AMDAL seperti yang ditudingkan selama ini oleh masyarakat LSM.

Ia menambahkan, sebelum melakukan kegiatan penambangan perusahannya telah mengantongi AMDAL yang diterbitkan oleh tim AMDAL Unhalu.

AMDAL tersebut telah dikonsultasikan dan diseminarkan di hadapan kepada pemerintah dan melibatkan sejumlah masyarakat.

Ia juga membantah kalau menurunnya debet saluran irigasi akibat tangkalan air.

“Tak ada satupun aliran sungai yang kami tutup, sebaliknya kami memperbaiki alirannya. Kami tidak memanfaatkan aliran sungai tapi justru membuat galian penampungan air. Saat kami datang, kerusakan lingkungan sudah cukup parah termasuk aliran sungai sudah tertutup akibat penambangan yang tidak teratur”, ungkapnya.

Ia menambahkan, kegiatan yang saat ini dilakukan masih tahapan eksplorasi. Terkait izin pinjam lahan dari Menhut RI, ia mengakui belum mengantongi izin tersebut.

Namun izin itu kini, dalam tahap proses. Sebelumnya, Ia mengaku telah mendapatkan rekomendasi dari gubernur Sultra terkait pinjam pakai lahan tersebut.

Terkait klaim kepemilikan lahan sejumlah warga, Ia menyatakan semuanya telah diselesaikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: