Hasil Lelang BB Jati Dibagi-bagi

Kendari Pos 2009-07-22/Bumi Anoa: Hal 5

Raha— Masih terkait dengan raibnya Barang Bukti (BB) lelang kayu tahun 2002-2003, memperlihatkan progres yang menggimbarakan.

Kasus yang menyeret mantan Kadishut Muna, Laode Arief Ati Malefu, La Ode Udi Kudu, dan Simon Mahuri itu akan diekspos untuk kedua kalinya oleh penyelidik Polres Muna.

Melalui Kasat Reskrim, AKPB Agus Sugiarso yang ditemui kemarin mengakui langkah penyelidikan tersebut akan dilakukan hari ini.

Setelah pra audit BPK, maka dipastikan kasus itu ditingkatkan ke level penyelidikan.

“Semua ini sudah saya laporkan ke pimpinan. Kapolres meminta untuk ditindaklanjuti. Biaya pengganti sebesar Rp 351. 321.000. Dari semua bukti lengkap dengan kwitansinya. Kasus ini perlu pendalaman lagi. Setelah ditingkatkan ke penyidikan. Bila jadi empat atau lima orang yang akan ditetapkan jadi tersangka’, jelasnya.

Ditempat terpisah, Mantan sekertaris Lelang Dishut Muna, Alwi ketika dimintai komentarnya mengungkapkan, biaya pengganti yang dipersoalan itu merujuk pada SK bersama Menteri Kehutanan. Kejagung dan kapolri No. 319 tahun 1999 tentang penggunaan biaya pengganti.

Apalagi Pemda tidak bisa membiayai dana pengganti, maka pembayaran hal administarsi diselesaikan dengan disesuaikan kebutuhan untuk mengamankan kayu-kayu temuan.

“Seperti biaya slip, pengukuran, pengangkutan kayu dari lokasi ke TPK, pembukaan jalan hutan yang tadinya tidak dapat dilalui kendaraan dan biaya buruh. Masing-masing diterima oleh yang koordinir”, jelas Alwi.

Semenatra itu, menurut Bendahara Dinas Kehutanan, La Tele yang dikonfirmasi terlihat sedikit tegang.

“Saya tidak tahu apa-apa soal uang pengganti karena saya merasa tidak pernah menerima uang tersebut”, singkatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: