WALHI Sultra Desak Pemda Tutup Tambang Emas Bombana

Media Sultra 2009-07-21/Daerah: hal 7

Kendari– Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sultra mendesak Pemda Sultra dan Pemda Sultra dan Pemda Bombana segera menutup seluruh kegiatan pertambangan emas terutama yang dilakukan oleh PYT Panca Logam Makmur saat ini.

Hal ini terkait dengan insiden penembakan aparat kepolisian terhadap dua orang pendulang emas di Bombana Kamis malam (17/7).

WALHI menilai keberadaan perusahaan itu sebagai biang atas sosial dan lingkungan hidup.

Menurut Ketua Ekskutif Daerah (ED) WALHI Sultra, Hartono kepada Media Sultra Sabtu (18/7) mengungkapkan, penembakan yang dilakukan aparat kepolisian di kawasan pertambangan emas Kecamatan Rarowatu Uatra, Kabupaten Bombana merupakan perlakukan yang diskriminatif dan bentuk pelanggaran HAM terhadap warga Negara.

Menurut dia, usaha penertiban kegiatan pendulangan oleh pemerintah daerah yang melibatkan aparat kepolisian dan TNI sudah menelan biaya miliaran rupiah, tetapi ternyata semuanya, menjadi tak berarti karena tidak dilaksanakan secara komprehensif.

“Artinya upaya penertiban tersebut tidak menyentuh subtansi permasalahan yang ada”, ungkapnya.

Ia juga menyatakan bahwa keberadaan PT Panca Logam Makmur  yang telah mengeskploitasi lahan seluas 2.100 hektar juga perlu ditinjau ulang oleh pemerintah, karena sampai saat ini perusahaan tersebut belum memiliki izin pinjam pakai atau izin pelepasan kawasan hutan dari Menhut sebagaimana diatur dalam pasal 50 ayat 3 Huruf g, UU No. 41 Tahun 1999 yang menyatakan, setiap orang dilarang melakukan kegiatan penyelidikan umum dan eksploitasi bahan tambang di dalam kawasan hutan, tanpa izin.

Selain melanggar UU Kehutanan PT Panca Logam Makmur juga di duga telah menyalahi peraturan pemerintah dan keputusan pemerintah dan keputusan menteri lainnya.

Misalnya PP No. 27 Tahun 199 Tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Kepmen Lingkungan Hidup No. 3 Tahun 2000 Tentang Jenis Usaha dan Kegiatan yang Wajib dilengkapi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan.

“Untuk itu, seharusnya pemerintah daerah dan aparat kepolisian menghentikan total segala aktivitas PT Panca Logam Makmur pemerintah daerah dan aparat kepolisian menghentikan total segala aktivitas  PT Panca Logam Makmur, sehingga penertiban yang dilakukan pemerintah daerah yang memperkerjakan beberapa kelompok masyarakat untuk melakukan pendulangan”, ungkapnya.

Selain persoalan hukum dan tindakan diskriminasi aparat, WALHI Sultra juga menilai bahwa kegiatan penambangan yang dilakukan oleh PT Panca Logam Makmur juga mengakibatkan persoalan sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup.

Pembangunan bendung non-pemerintah pada salah satu sungai sumber air bendung Langkowala yang dilakukan PT Panca Logam Makmur merupakan bentuk pembunuhan secara sistematis  terencana.

Pembangunan bendung tersebut secara otomatis mengurangi volume debit air pada bendung langkowala yang merupakan sumber air irigasi lahan persawahan petani di desa yang berada di kawasan SP-2 (Watuwatu, Langkowala, kalero, dan Lomba Kasih), dan desa yang ada di kawasan SP-1 (Lantari, Pasare Apoa dan Angerah) serta beberapa desa di kawasan SP-3.

Masalah lingkungan hidup juga tak luput dari sorotan WALHI Sultra, rusaknya daerah alirah sungai (DAS) Langkowala, Watu-watu dan Belulu semakin membuat kelestarian ekologi semakin genting, dan semua itu merupakan akibat dari kegiatan pertambangan.

Untuk itu, kami mendesak Pemda Bombana, membuka mata lebar-lebar melihat semua persoalan ini, sehingga kebijakan yang diambil ke depan lebih bersifat komprehensif dan kami harap tidak mengulangi penertiban secara setengah-tengah yang menghabiskan dana begitu besar,” ungkap Sarmin manager Advokasi Walhi Sultra.

WALHI juga mendesak Kapolda Sultra untuk segera menindak aparat kepolisian yang melakukan penembakan terhadap 2 orang pendulang dan menjeratnya pasal-pasal yang terdapat dalam KUHP sebagai bukti bahwa aparat kepolisian tidak kebal hukum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: