Pemkot Tertibkan Izin Sumur Bor

Kendari Ekspres 2009-07-21/Kota Ekspres: Hal 8

Kendari– Pemerintah Kota Kendari melalui bagian Hukum dan Penyidik, dalam waktu dekat ini, akan melakukan penertiban izin, terkait pengelolaan air bawah tanah.

Proses penertiban izin tersebut, akan melibatkan seluruh unsur pemerintahan terkait perizinan pengelolaan air bawah tanah. Hal ini diungkapkan Kasubag Perundang-undangan Hukum Kota Kendari Laode Ary, beberapa waktu lalu saat ditemui diruang kerjanya.

Menurutnya, tindakan operasi penertiban dilakukan karena, adanya indikasi tidak efektif penerapan perda tentang pengelolaan air bawah tanah oleh masyarakat.

“Ada juga masyarakat pengelola air bawah tanah yang memiliki izin, namun lebih banyak tidak memiliki izin, sehingga kami akan mencoba membuktikan pelaksanaan perda ini dalam waktu dekat. Selama ini, kami belum pernah melakukan operasi penertiban perda ini, bila kegiatan operasi ini terlaksana, maka akan menjadi operasi pertama dilakukan untuk perda pengelolaan air bawah tanah,” kata Laode Ary.

“Kabag SDA kota tengah melakukan inventarisir bagi masyarakat yang melakukan aktifitas pengelolaan air bawah tanah, setelah itu baru kita putuskan waktu pelaksanaan operasi penertiban ini.

Sasaran operasi, sumur bor milik rakyat, ruko-ruko serta usaha-usaha komersil milik rakyat seperti pencucian mobil dan motor. Dalam pelaksanaan perda ini, ada dua tindakan bagi pelanggarnya, yakni tindakan administrasi dan tindakan pidana,” jelasnya.

“Jelasnya, akan ditindaki sesuai yang tercantum dalam perda. Tindakan Administrasi berupa teguran tertulis sebanyak tiga kali, lisan, pembekuan izin hingga pada pencabutan izin dan tindakan pidana akan dilakukan, bagi pengelola air bawah tanah yang tidak memiliki izin tetapi bagi yang mempunyai izin pengelolaan akan diproses pidana atau administrasi sesuai tingkat pelanggarannya,” tambah Laode Ary.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: