KP Investor Emas Terancam Dicabut

Kendari Pos 2009-07-21/Bumi Anoa: hal 5

Kasipute— Izin Kuasa Pertambangan (KP) PT Agra Mining Sejahtera terancam di cabut. Sebab, hingga enam bulan pasca mengantongi izin mengolah emas, investor asal Jakarta itu ternyata belum juga memenuhi kewajibannya.

Menurut Kepala Pertambangan dan Energi (Distamben), Bombana, Ir Cecep Trianajayadi menyatakan, sejak izin KP dikeluarkan 31 Desember 2008 lalu, beberapa kewajiban seperti jaminan kesungguhan, iuran tetap serta pencadangan wilayah belum dipenuhi PT Agra Mining Sejahtera. Akibat kelalaian itu, Distamben memberikan peringatan keras pada investor emas tersebut.

“Kami masih memberikan toleransi waktu beberapa hari kepada Agra Mining Sejahtera untuk segera memenuhi kewajibannya. Bila sampai waktu yang ditentukan belum juga dipenuhi, maka kami terpaksa mencabut izin KPnya”, ungkapnya.

Cecep memberi contoh untuk item pengolahan wilayah, misalnya. Dalam PP 45 tahun 2003 tentang tarif atas jenis pajak berlaku pada departemen energi dan sumber daya mineral disebutkan, setiap investor membayar RP 10 juta  pada pemerintah kabupaten untuk selanjutnya disetor ke kas daerah.

Kenytaaan, yang terjadi di Bombana saat ini, hanya PT Agra Mining Sejahtera yang tidak memenuhi aturan itu.

Bahkan hingga bulan Juli ini, belum memberikan laporan di Distamben maupun Pemkab tentang aktivitas apa saja yang sudah dilakukan.

Padahal sesuai izin KP yang dikantongi, PT Agra Mining Sejahtera diberikan lahan untuk mengolah emas seluas 571 hektar di Kecamatan Lantari Jaya.

Tidak hanya itu, izin KP yang diberikan pun berlaku hingga 31 Desember tahun ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: