HTR Programkan Kesejahteraan Rakyat

Kendari Pos 2009-07-21/Bumi Anoa: hal 6

Buranga– Para petani berdomisili di Kecamatan Kambowa Kulisusu Barat dan Kulisusu Induk kini punya masa depan cerah, merka akan dilibatkan mengolah sebagian hutan untuk menanam pohon dan kemudian dapat memanennya.

Dalam waktu dekat ini direncanakan, 17.040 hektar lahan hutan produksi pada tiga kecamatan tersebut dicadangkan menjadi kawasan Hutan Taman Rakyat (HTR), sesuai SK Menhut nomor 290 tertanggal 18 Mei 2009 lalu. Untuk mendukung program tersebut, dana sekitar Rp 90 miliar akan dicairkan.

Nantinya, pihak Dishut Butur akan menjadi fasilitator dan menggulirkan dana tersebut ke masyarakat petani  yang dibentuk dalam kelompok.

Masing-masing petani akan mendapat bantuan dana sekitar Rp 5 Juta setiap kepala keluarga plus hutan olahan seluas dua hektar.

Tercatat 1065 KK masyarakat akan mendapat bantuan dana bergulir ini untuk menanam kayu jenis pohon pada hamparan hutan 17.040 hektar itu.

“Sistem pemgembalian dana baru, dilakukan setelah delapan tahun masa pinjaman tahap pertama atau usai panen”, ungkap Kabid Rehabilitasi Hutan Dishut Butur, Eman, SE.

Ia menjelaskan, tiap hektar lahan akan ditanami 400 jabon dan setelah delapan tahuan akan menghasilkan satu kubik kayu jabon saat ini berkisar RP 200 ribu per meter kubik.

Jika tiap KK dapat dua hektar lahan dan ditanami 800 pohon jabon, maka hitung sendiri hasilnya. Sedangkan pengembalian pinjaman cuma Rp 10 juta pada delapan tahun pertama”, jelas perintis program HTR di Butur pada koran ini kemarin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: