Pembakaran Hutan Marak di Gunung Salak

Kompas 2009-07-17/E-paper: Metropolitan hal 27

Bogor – Pembukaan lahan pertanian dengan pembakaran hutan masih berlangsung di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang berdekatan dengan Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

”Kalau tidak dibakar, susah membersihkannya. Rumputnya saja di sana sebesar-besar ibu jari dan keras,” kata Usup (60), salah seorang petani setempat, yang melakukan pembakaran lahan hutan seluas 0,5 hektar.

Sejumlah warga dan aparat desa yang hadir dalam acara peringatan hari lingkungan hidup di Kampung Muara, Desa Cibunian, mengatakan, sejak dulu membuka lahan pertanian dengan cara membakar hutan adalah hal yang biasa.

”Jadi, perlu waktu untuk menyadarkan masyarakat agar tidak melakukannya. Apalagi masih banyak warga yang tidak paham bahwa lahan hutan Perhutani, yang dulu bisa digarapnya, kini menjadi lahan taman nasional,” kata salah seorang aparat muspika Pamijahan.

Menurut Usup, warga kampungnya tidak paham cara bertani yang baik serta kesulitan mendapat bibit pohon keras produktif. Ia mengaku, lahan yang dibakarnya dulu adalah bekas hutan yang diubah jadi ladang lalu ditingalkan karena tanahnya menjadi keras.

”Baru sekarang dibakar lagi, mau saya tanami singkong,” katanya.

Mengenai peringatan hari lingkungan hidup di Kampung Muara kemarin, para petani yang bergabung dalam kelompok tani ”Subur Tani’ mengaku sangat berterima kasih karena mereka mendapat bantuan bibit pohon buah atau kayu yang memang mereka butuhkan.

”Banyak yang mau menanam pohon buah di kebun atau halaman rumah sendiri, tetapi enggak punya bibit. Jadi, di sini juga terjadi pencurian bibit. Saya pernah dapat bantuan bibit mahoni 20 pohon. Hilang separuhnya dicuri orang,” tutur Udin, warga.

Kemarin kelompok tani tersebut mendapat bantuan 2.500 bibit pohon buah dan kayu, seperti sukun, kemiri, jengkol, aren, dan sengon, dari lembaga swadaya masyarakat Biodiversity Conservation Indonesia (BCI) yang didukung Chevron Geothermal Ltd dan Kecamatan Pamijahan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: